spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sehari 4.000 WNI Terbang ke Luar Negeri

JAKARTA – Pemerintah terus bersiaga menghadapi kemungkinan terburuk dari mewabahnya Covid-19 varian omicron di dalam negeri. Isu tersebut jadi perhatian utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama jajarannya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk terus waspada akan hal itu. Dia pun meminta masyarakat untuk tidak berpergian dan berbelanja ke luar negeri dulu untuk sementara waktu.

“Oleh karenanya kita tidak menyarankan untuk ke luar negeri. Di sisi lain, ya kalau ada di Indonesia, belanjanya di sini saja,” ujar Menhub Budi Karya, Selasa (21/12/2021) seperti diberitakan liputan6.

Iimbauan ini dikeluarkannya lantaran jumlah penerbangan ke luar negeri semakin naik jelang periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), khususnya dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

“Di Bandara Soetta itu sudah 4.000 (orang) per hari, mengkhawatirkan,” keluhnya. Belajar dari pengalaman negara lain, Menhub Budi Karya sadar jika Omicron memiliki daya tular luar biasa cepat dibanding varian-varian Covid-19 sebelumnya.

“Oleh karenanya kita menunggu (bersabar), tidak seperti Inggris yang moderat tanpa masker, kita harus tetap masker. Prokes ketat dan vaksin dua kali adalah sebuah keharusan,” tegasnya.

Tak hanya keberangkatan, di tengah kekhawatiran meluasnya penularan varian Omicron, pelaku perjalanan internasional ke Indonesia juga meningkat. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengungkapkan, peningkatan ini terjadi dalam dua bulan terakhir.

Wiku mencatat, peningkatan jumlah pelaku perjalanan internasional ke Indonesia terlihat di tiga pintu kedatangan, yakni Bandara Soekarno Hatta, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, dan Pelabuhan Batam Center.

“Dalam dua bulan terakhir ini, tren kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri ke Indonesia justru meningkat,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/12/2021

Di Bandara Soekarno Hatta, kata Wiku, kedatangan pelaku perjalanan internasional hanya sekitar 1.000 sampai 2.000 pada Oktober 2021. Sedangkan pada Desember 2021 naik menjadi 4.000.

Sementara di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong pada akhir November 2021 hanya masuk 50 sampai 100 pelaku perjalanan internasional. Pada Desember 2021 naik menjadi 300 orang.

“Hal serupa juga dijumpai di Pelabuhan Batam Center yang pada awal November memiliki angka kedatangan sekitar 100 sampai 200 menjadi 200 sampai 400 pada pertengahan Desember,” sambungnya. (lip)

15.9k Pengikut
Mengikuti