spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

‘Seblak Chimi’, dari Hobi Menjadi Bisnis

Siapa sangka, Siska Nurfauziah, biasa disapa Chika, berhasil membangun bisnis seblak di Kota Bontang, berkat hobinya memasak makanan-makanan khas Bandung. Kini, seblak sudah tidak asing lagi di lidah warga Kota Taman.

Dengan berani, tahun 2018 lalu, wanita asal Bandung ini memutuskan merantau ke Kota Bontang, dan menemui rekannya Mia Sumiyati yang dikenal via media sosial.

Menurutnya, di Kota Bontang ada peluang besar untuk bisa merintis bisnis seblak. Sebab, saat itu seblak belum terlalu dikenal banyak orang.

Chika dan Mia memulai bisnisnya dengan berjualan dari mulut ke mulut. Tiap harinya mereka menjajakan seblak di puskesmas tempat mereka bekerja dulu, sebelum memutuskan untuk fokus dengan bisnis ini.

Selang berapa bulan, akhirnya Chika dan Mia bisa memiliki rombong kecil dan mulai fokus untuk berjualan seblak. “Jadi kita itu awalnya bawa seblak ya ke puskesmas tempat kerja dulu. Dari mulut ke mulut sampai kita bisa membeli rombong kecil dan mulai fokus dengan usaha ini.

Sampai kami diberi saran oleh pelanggan untuk coba buka outlet atau sewa tempat yang lebih terjangkau, karena saat itu sudah mulai banyak pelanggan kami,” ungkap Chika saat menjadi bintang tamu dalam program Podcast “Meja Tamu” alias Media Kaltim-Praja Tatap Muka dengan tema “Kisah Sukses Bangun Bisnis di Kota Rantauan”.

Program tersebut tayang di kanal Youtube Praja TV Bontang, Rabu (06/10/2021), kerjasama antara mediakaltim.com bersama Radio Praja TV, serta didukung Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bontang.

Singkat cerita, tahun 2019 ‘Seblak Chimi’ yang merupakan singkatan dari nama Chika dan Mia ini, berhasil membuka outlet pertama di Pujasera  Jalan Imam Bonjol. Sejak saat itu, peminat dan pelanggan ‘Seblak Chimi’ meningkat drastis dan semakin banyak dikenal masyarakat.

Tak hanya seblak, Chika dan Mia terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan produk baru yang merupakan makanan khas Bandung. Mulai dari Baso Aci, Lumpia Basah, Kerupuk Seblak, Makaroni Aneka Rasa,Mie Yamin, Baso Aci Beranak, dan juga ada Mie Golosor yang akan menjadi menu terbaru di outlet Seblak Chimi.

“Jadi memang kami itu mengeluarkan produk berdasarkan apa yang pernah saya masak saat di Bandung. Kami coba buat sampai bisa dijual dan diterima di lidah pelanggan kami. Dan menu terbaru yang akan launching, ada Mie Golosor. Mie yang terbuat dari aci, ” jelas Chika.

Untuk para penikmat seblak, tak hanya bisa menikmati seblak di outlet, namun juga tersedia dalam bentuk frozen yang disebar ke beberapa tempat makanan frozen.

Jadi para penikmat seblak bisa meracik dan memasak sendiri seblak sesuai dengan selera. “Kami juga menyediakan dalam bentuk frozen. Jadi buat yang suka ngeracik sendiri sesuai selera bisa banget beli yang frozen. Sudah tersedia di toko frozen di Bontang,” ucap Chika.

Suka duka pun telah dilewati Chika dan Mia dalam membangun bisnis seblak ini. Namun mereka berkomitmen untuk sama sama menjadi penguat dalam menjalani bisnis ini. Hingga saat ini, Seblak Chimi telah memiliki 12 Karyawan dan juga outlet kedua nya yang berada di Jalan MT Haryono. (ahr/red)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img