Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

SBSI’92 Resmi Terdaftar di PPU

PENAJAM – Serikat Buruh Sejahtera Independen ’92 (SBSI’92) Penajam Paser Utara resmi terdaftar di Dinas Tenaga Kerja. Hal ini ditandai dengan pengisian formulir persyaratan laporan terdaftar yang dilakukan Ketua DPC SBSI ’92 PPU Nurdin, didampingi bendahara Rahmatullah, Selasa (12/10/2021).

Nurdin mengatakan, serikat pekerja atau serikat buruh adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk pekerja dan buruh, baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Serikat pekerja/buruh sifatnya bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab dalam memperjuangkan, membela, dan melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh berikut keluarganya.

“Alhamdulilah DPC SBSI ’92 sudah sah terdaftar di kantor Disnaker PPU,” kata Nurdin. Dijelaskan, kedatangan mereka merupakan bentuk kepatuhan pada aturan yang berlaku, dimana serikat pekerja dan federasi /serikat buruh harus memberikan pemberitahuan tertulis kepada dinas tenaga kerja setempat untuk didaftarkan.

Serikat pekerja harus mengajukan pendaftaran dengan melampirkan SK DPC SBSI’ 92, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, daftar nama pengurus, susunan pengurus, dan anggota serikat.

Sementara Kepala Bagian Hubungan Industrial Disnaker PPU Ismail mengharapkan, keberadaan DPC SBSI ’92 di di daerahnya harus betul- betul membantu mensejahtrakan buruh dan keluarganya. Yang tak kalah penting, tambah dia, bersinergi antara serikat pekerja dengan perusahaan untuk menumbuhkan tali silaturahmi yang lebih baik dan harmonis.

“Jangan sampai serikat ini menjadi lawan dari perusahaan. Karena serikat buruh bukan musuh perusahaan, justru mitra perusahaan,” ucap Ismail.

Diharapkan pula, keberadaan serikat pekerja bisa menjadi penyambung lidah aspirasi karyawan kepada perusahaan. Termasuk bisa menciptakan kenyamanan bekerja di lingkungan perusahaan. “Kalau perusaan kondusif, otomatis nyaman juga karyawan bekerjanya,” tegas Ismail. (nrd)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hebat, Bontang Dinobatkan Kota Bersih di Asia Tenggara

0
JAKARTA – Kota Bontang, salah satu dari tiga kota di Indonesia dinobatkan sebagai Kota Ramah Lingkungan/Bersih di Asia Tenggara. Penghargaan itu diberikan The Association...

Pemuda Curi Celana Dalam Perempuan, Warga Jelawat Resah

0
SAMARINDA – Kaum hawa di Samarinda resah. Aksi pencurian celana dalam perempuan yang sedang dijemur terjadi di Jalan Jelawat, Samarinda Ilir, Rabu (21/10/2021). Aksi...