spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Satpol PP PPU Gelar Sosialisasi Kesiapan Satlinmas Riko Hadapi Bencana Banjir

PPU – Satpol PP Penajam Paser Utara (PPU) terus melakukan upaya penguatan satuan tugas perlindungan masyarakat (satlinmas). Khususnya dalam kesiapan penanganan bencana.

Kali ini, kegiatan penguatan dalam bentuk sosialisasi kesiapan bencana itu dilaksanakan di Kelurahan Riko, Senin (20/11/2023). Kepala Satpol PP PPU, Margono Hadi Sutanto menjelaskan gelaran sosialisasi ini dalam rangka penyelenggaraan trantibum linmas 2023.

“Dalam rangka pencegahan dan penanganan kedaruratan bencana, khususnya banjir di Kelurahan Riko. Karena termasuk daerah rawan,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari unsur satlinmas, juga dari Ketua RT, unsur perangkat desa tokoh masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Riko.

Margono dalam kegiatan ini banyak memberikan arahan sekaligus penyematan tanda peserta. Ia menegaskan rugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam penanggulangan kebencanaan saat kejadian.

“Utamanya dalam hal mitigasi penanganan kedaruratan, sosialisasi penyelenggaraan trantibum dan linmas dalam rangka mencegah kebencanaan,” ungkapnya.

Sosialisasi ini berkaitan dengan ketertiban umum tentunya sejalan dengan SK Bupati PPU Nomor: 800.05/172/2023. Tentang Pembentukan Desk Penanggulangan Bencana di PPU.

Termasuk juga dengan Peraturan Pemerintah Nomor: 16/2018 tentang Satpol PP yang berkaitan dalam daya dukung pelaksanaan ketertiban umum yang menjadi bagian dari tugas dan fungsi yang ada di pemerintah daerah. Ia juga berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat membuahkan hasil ke depannya.

“Lewat kegiatan ini, diharapkan semua unsur yang terlbat dalam sosialisasi ini dapat memperkuat koordinasi dalam pencegahan kejadian banjir,” pungkas Margono. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img