spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Satpol PP PPU Bakal Bentuk Satgas Linmas, Tingkatkan Peranan Kebencanaan

PPU – Tahun depan, Satpol PP Penajam Paser Utara (PPU) akan fokus dalam penguatan peran satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) dalam menghadapi bencana. Dengan pembentukan satuan tugas (Satgas) Linmas di yang menjadi bada koordinasi satlinmas di masing-masing kelurahan/desa.

Kepala Satpol PP PPU, Margono Hadı Sutanto menuturkan per januari 2024 tugas linmas akan kembali dipegang oleh Satpol PP. Termasuk optimalisası peran satlimas dalam perbantuan penyelenggaraan pengamanan Pemilu 2024.

“Surat pengalihan sudah dan akan berlaku ditahun 2024. Maka itu, Kami akan melakukan peningkatan peran linmas,” ucapnya, Selasa (5/12/2023).

Sejalan dengan itu, Margono menyebutkan perlunya perbaikan dalam kelembagaan. Dengan terbentuknya Satgas Linmas, agar komando dalam peranan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) menjadi jelas.

“Selama ini satlinmas ini sudah dibentuk di masing-masing pemerintah wilayah. Tapi itu hanya untuk kepentingan sementara, seperti kegiatan pemilihan umum saja. Padahal, peran mereka juga penting dalam bidang lain, seperti kebencanaan,” jelasnya.

Maka itu, tahun depan pihaknya akan fokus dalam pembentukan Satgas Linmas, mulai dari level kabupaten, kecamatan hingga kelurahan/desa. Dengan terbentuknya satuan itu, dipastikan penanganan kebencanaan yang terjadi di berbagai wilayah, akan mudah dimitagsi dan diantisipasi dampaknya.

“Terkait identifikası potensi gangguan-gangguan ketertiban umum, akan lebih cepat teridentifikası dan lebih cepat ditangani. Makanya peran mereka perlu diperkuat,” pungkasnya. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img