spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sambut Juri dan Tim Penilai Menparekraf, Sekda Harapkan Dapatkan Nominasi

BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang telah mempersiapkan kunjungan dan kedatangan tim juri Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Di mana kampung Malahing, Kota Bontang, Kaltim masuk dalam kategori 75 besar desa wisata.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 sembari berjalan melakukan penilaian dari 75 besar desa wisata terbaik yang memiliki potensi dan perkembangan, peningkatan perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Rapat Finalisasi Persiapan Penyambutan Visitasi Kemenparekraf RI dan Tim Juri ADWI 2023 dilaksanakan Selasa (20/06/2023) bertujuan untuk menyampaikan gambaran rangkaian kegiatan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang dilaksanakan di ruang rapat Dispopar Bontang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang, Aji Erlynawati mengatakan persiapan telah dilakukan baik dari teknis dan non teknis. Aji mengharapkan memaksimalkan dalam penilaian ADWI 2023.

“Kita berharap dapat masuk lima besar. Harapan besarnya dapat juara. Kita upayakan maksimallah,” jelas Aji Erlynawati saat ditemui, Selasa (20/6/2023).

Selain itu, Aji mengatakan menyiapkan kelayakan hotel, kotek, dan akses kapal menuju desa wisata kampung Malahing.

“Aksesnya ke Malahing. Semuanya, dibantu mulai dari hotel hingga konsumsinya. Ada target tersendiri meraih kategori penghargaan,” ungkap Aji Erynawati.

Program Anugerah Desa Wisata sebagai wadah kepada desa wisata yang memiliki potensi pariwisata berkelanjutan untuk tergabung dalam jaringan desa wisata atau Jadesta. Daya tarik desa harus dapat dikelola dengan baik Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang menghasilkan daya tarik dan produk unggulan kreatif yang mampu mendatangkan minat kunjungan wisatawan dan mendorong perekonomian warganya.

Ketua Masata Kota Bontang, Eko Satriya mengatakan pada tahun 2022 yang lalu, Kampung Wisata Malahing masuk 100 besar bersama Kampung Budaya Bontang Kuala untuk ADWI 2022. Saat ini di tahun 2023, kampung wisata Malahing menjadi satu-satunya mewakili Provinsi Kaltim yang masuk dalam 75 besar terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

“Dari 75 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Kemenparekraf dan tim juri akan melakukan visitasi dan penilaian. Menteri Parekraf RI akan diwakili direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua dan 2 orang dewan penilai pada (23/6/2023) mendatang,” kata Eko.

Selain itu, Eko mengatakan untuk itu momentum ini menjadi pemicu semangat dan pemacu berbuat guna mewujudkan Bontang Kota Pariwisata melalui spirit “Energy of Bontang”.

“Dengan gerak cepat, gerak bersama, gali semua potensi lokal di Bontang,” terangnya.

Adapun penilaian berdasarkan 5 kategori yaitu daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian, alam dan buatan, seni dan budaya), souvenir (kuliner, fesyen, kriya), homestay dan toilet, digital dan kreatif hingga kelembagaan desa wisata dan CHSE. (adv/yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img