spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saga Dorong Perusahaan Berkontribusi Atasi Dampak Penyeberangan Alternatif

TANJUNG REDEB – Dampak yang timbul dari perbaikan Jembatan Sambaliung mendapat sorotan Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga. Dia mendorong pihak perusahaan untuk ikut berkontribusi.

Dia mengatakan, banyak perusahaan yang beroperasi di Bumi Batiwakkal. Maka dari itu, dirinya meminta agar ikut serta menyiapkan akses alternatif yang digunakan masyarakat selama jembatan penghubung 6 kecamatan itu ditutup.

“Saya berharap ada penegasan dari kepala daerah terhadap perusahaan untuk ikut berpartisipasi membantu menangani dampak penutupan jembatan ini,” ungkapnya, Minggu (11/6/2023).

Saga menyebut, sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau sudah berupaya menangani dampak dari penutupan Jembatan Sambaliung. Terkhusus kepada penyeberangan alternatif yang disediakan.

“Contoh upaya mengatasi dampak itu adalah, Pemkab Berau sudah menyiapkan fasilitas penyeberangan seperti speedboat milik beberapa OPD untuk mengangkut pelajar dan pekerja,” paparnya.

Dirinya menegaskan, partisipasi perusahaan juga dibutuhkan. Sehingga aktivitas penyeberangan dapat berjalan lancar dan bisa mengurangi penumpukan kendaraan yang akan menyeberang.

“Kalau diatasi bersama, saya yakin kekurangan di lapangan bisa diatasi,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Dinilai Berpengaruh Dalam Mengambil Kebijakan, Suriadi Tegaskan Jangan Ada Istilah Ternak Cabor

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga menyoroti masih adanya perusahaan yang ikut menyeberang menggunakan fasilitas yang disiapkan pemerintah untuk masyarakat. Seperti kendaraan CPO dan angkutan sawit.

“Angkutan berat seperti CPO dan sawit boleh saja memanfaatkan penyeberangan yang disiapkan pemerintah atau pelaksana proyek. Tetapi prioritaskan dulu masyarakat,” tegasnya.

“Penyeberangan untuk kendaraan CPO dan sawit harus diatur, jangan berbarengan dengan masyarakat. Misalnya menyeberang malam hari,” sambungnya.

Kendati demikian, Saga berharap agar seluruh perusahaan yang ada ikut berkontribusi untuk mengurangi angka kemacetan di dermaga penyeberangan.

“Makanya saya bilang, kita berharap ada partisipasi perusahaan. Misal Bikin penyeberangan sendiri. Tinggal bagaimana komunikasi pemda dengan perusahaan memanggil minta partisipasinya,” pungkasnya. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img