spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saefuddin Zuhri: SDM Lokal Wajib Persiapkan Diri untuk IKN

SAMARINDA – Ditetapkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa dampak besar dari pembangunan. Harapan agar pemerataan pembangunan kini sudah didepan mata.Warga kalimantan umumnya tak perlu lagi ‘cemburu’ dengan kondisi pembangunan hanya terpusat di Pulau Jawa saja.

Dengan status IKN, program dan sasaran pembangunan secara nasional akan berpindah ke sekitar IKN dan wilayah penyangga lainnya. Begitu disampaikan Anggota DPRD Kaltim Saefuddin Zuhri belum lama ini. Ia meyakini IKN akan membawa dampak serta perubahan sosial besar bagi warga kaltim. “Tapi ingat, kita harus berbenah dan beradaptasi dengan perubahan dan potensi persaingan dalam berbagai bidang dengan kemungkinan kehadiran warga dari luar daerah Kaltim yang sudah siap dengan keahlian secara profesional,” katanya

Menurutnya, komunitas atau paguyuban juga punya peran penting dalam mengasah kemampuan anggotanya agar bisa bersaing nantinya.

“Pemerintah juga wajib memperbanyak program pelatihan ketrampilan demi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal. Jangan sampai hanya jadi penonton,” tambahnya.

Zuhri mengingatkan, sebagaiman kota-kota disekitar Jakarta, sejumlah wilayah penyangga Ibu Kota Nusantara ( IKN), segera berbenah dengan merencanakan konsep pembangunan jangka panjang menuju 25- 30 tahun ke depan.

BACA JUGA :  Komisi I Target Raperda Fasilitas Pencegahan Narkotika Rampung Tahun Ini

“Konsep pembangunan jangka panjang mutlak Karena dengan berbagai dampak yang ditimbulkan, mulai dari kemacetan, bencana atau peningkatan tindak kriminalitas,” pesannya. (adv/mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img