spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rumah Rubuh Tiba-tiba Kejutkan Warga di Klandasan Ilir

BALIKPAPAN – Warga RT 27 Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota dikejutkan oleh kejadian rumah rubuh pada Jumat (13/10/2023) pagi sekitar pukul 07.05 Wita. Bahkan warga yang hendak beraktifitas pun sempat mencari sumber suara keras jatuhan material bangunan tersebut.

Pemilik rumah bernama Prayoga mengatakan, jika kejadian tersebut terjadi secara tiba-tiba dan tak ada tanda-tanda bahwa bangunan rumah khususnya bagian loteng depan akan rubuh.

“Nggak ada tanda-tanda apa-apa tadi itu. Tau-tau aja langsung rubuh dan nyaring suaranya,” ujarnya.

Usai kejadian, Yoga pun langsung mengevakuasi keluarganya ke tempat yang lebih aman, sambil menunggu apakah ada rubuhan susulan dari tempat tinggalnya tersebut.

“Habis itu saya bawa keluar semua anak istri. Cuma ini motor aja nggak sempat diselamatkan,” jelasnya.

Saat ini dirinya dibantu sejumlah warga akan melakukan pemeriksaan dan pembersihan material bangunan yang rubuh.

Sementara itu Plt Trantib Kelurahan Klandasan Ilir, Eka Anugrah mengatakan, untuk langkah awal adalah membersihkan puing-puing bangunan yang rubuh agar tidak menghalangi jalan.

BACA JUGA :  Hetifah Apresiasi Komitmen Menparekraf Membangun Pariwisata dan Ekraf Kaltim

“Kita bersihkan dulu ini setelah dinyatakan aman oleh personel BPBD yang tadi sudah ngecek lokasi,” ujarnya.

Sementara untuk kondisi rumah sendiri tidak dapat ditinggalin lagi. Dan pihak pemilik rumah pun harus mengungsi ke lokasi yang lebih aman. “Tadi sudah kita bicarakan dengan pemilik rumah, sementara dia tinggal di rumah orangtuanya dulu di Sepinggan,” tambahnya.

Dikatakan Eka Anugrah, memang sebagian besar bangunan di wilayah RT 27 Klandasan Ilir ini merupakan bangunan tua yang sudah termakan usia. Untuk itu ia mengimbau kepada warga lingkungan agar tetap memperhatikan kondisi rumah masing-masing dan bila ada tanda-tanda bangunan yang bermasalah segera melaporkannya. (Bom)

Penulis: Aprianto

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img