spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

RSUD dr Abdul Rivai Akan Buka Layanan Cuci Darah di Tahun 2023

TANJUNG REDEB – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai menjadi tempat pelayanan kesehatan utama bagi masyarakat Bumi Batiwakkal. Maka dari itu, peningkatan kualitas layanan dan fasilitas kesehatan terus ditingkatkan.

Direktur RSUD dr Abdul Rivai, Jusram mengatakan, saat ini pihaknya tengah merencanakan penambahan dua layanan kesehatan. Yakni spesialis saraf dan spesialis gizi klinik.

Pada saat ini, dipaparkannya, RSUD dr Abdul Rivai sendiri telah membuka layanan spesialis baru, yaitu spesialis jantung, gigi periodonsia, gigi prostodonsia, gigi ortodonti dan spesialis gigi konservasi.

“Peningkatan ini untuk pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Bumi Batiwakkal,” ungkapnya, Rabu (14/12/2022).

Jusram membeberkan, di rumah sakit plat merah itu banyak permintaan dari masyarakat untuk membuka pelayanan cuci darah (hemodialisis). Diharapkannya, layanan tersebut dapat terealisasi pada 2023 mendatang.

Diterangkannya, saat ini berbagai persiapan telah dilakukan pihaknya. Mulai dari persiapan fasilitas, Sumber Daya Manusia (SDM), dan koordinasi intens dengan Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Korwil Sulsel-Papua-Sulteng-Kaltim.

“Upaya percepatan pembukaan layanan cuci darah terus kita lakukan,” tegasnya.

Bukan hanya itu, Jusram menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Akan tetapi, karena perizinan yang ketat dan SDM harus pernah mengikuti pendidikan atau kursus selama tiga bulan di rumah sakit yang telah berstatus rumah sakit pendidikan, menyebabkan pembukaan layanan cuci darah di RSUD dr Abdul Rivai harus tertunda.

“Kami menargetkan tahun depan di 2023 pelayanan cuci darah bisa terwujud. Mengingat, jumlah penderita gagal ginjal yang tiap hari terus bertambah di Kabupaten Berau. Nah ini yang jadi konsentrasi kami sekarang,” jelasnya.

Selain soal pelayanan medis, pihaknya juga akan melakukan pengembangan gedung baru di lahan perumahan dokter spesialis yang akan dijadikan gedung baru rumah sakit 6 lantai. Adapun sumber pendanaannya dari anggaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD dr Abdul Rivai.

“Pembangunan itu ditargetkan akan dimulai dengan peletakan batu pertamanya pada April 2023. Kami mohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat Berau, agar target dapat terealisasi sesuai rencana,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, saat ini RSUD dr Abdul Rivai melakukan persiapan akreditasi, sebagai komitmen mutu dalam pelayanan prima. Dengan harapan, bisa lulus dengan predikat paripurna, dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap pasien yang dirawat. Jusram mengajak masyarakat untuk tidak segan-segan memberikan kritik, dan saran untuk pengembangan pelayanan rumah sakit.

“Dukungan masyarakat Kabupaten Berau sangat kami harapkan. Demi terciptanya pelayanan prima dan fasilitas kesehatan yang memadai,” pungkasnya. (Dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img