spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

RSUD AWS Jadi Rumah Sakit Rujukan Nasional

SAMARINDA – Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD-AWS) Samarinda telah menjadi rumah sakit rujukan nasional di Indonesia. Rujukan dimaksud meliputi pelayanan kardiovaskular (sakit jantung), uronefpro, stroke terpadu dan kanker terpadu.

Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tersebut tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar daerah atau luar negeri, karena penanganan sudah bisa dilakukan di rumah sakit milik Pemprov Kaltim itu.

Kabar baik bagi masyarakat Kaltim ini disampaikan oleh Direktur RSUD AWS Samarinda dr David Hariadi Masjhoer didampingi Kepala Unit Humas RSUD AWS dr Arysia Andhina, Minggu (20/11/2022).

“Pelayanan kesehatan untuk kelompok penyakit kardiovaskular, uronefpro, stroke terpadu dan kanker terpadu di RSUD AWS Samarinda sudah berjalan,” kata David.

Sebelumnya RSUD AWS Samarinda melakukan kerja sama dengan RS Jantung Harapan Kita, RS Kanker Dharmais, RS Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo dan RS Pusat Otak Nasional.

“Setelah kerja sama tersebut selanjutnya RSUD AWS Samarinda dilepas dan dipercaya untuk membimbing rumah sakit yang ada di daerah, seperti RS di Bontang, RS di Kutai Timur,” jelas David.

Ditegaskan pula oleh David, untuk sumber daya manusia rumah sakit dalam pelayanan kesehatan tersebut mulai dokter spesialis hingga perawat tidak ada masalah. Demikian pula untuk urusan fasilitas peralatan, semua sudah lengkap. Saat ini, RSUD AWS Samarinda dipercaya menjadi pengampu untuk wilayah Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara).

“Itu sebabnya, kami mengajak masyarakat Kaltim memanfaatkan pelayanan di RSUD AWS Samarinda dengan harapan memudahkan dan meringankan biaya tanpa harus berobat ke luar daerah. Dan kita akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan sesuai kepercayaan pemerintah dan masyarakat,” tandas David.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi sangat mengapresiasi dan mendukung RSUD AWS Samarinda menjadi rumah sakit rujukan nasional dengan layanan kardiovaskular uronefpro, stroke terpadu dan kanker terpadu.

“Program ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan dapat terus bergerak dengan cepat dan kami Pemprov Kaltim sangat mendukung RSUD AWS menjadi RS rujukan nasional,” kata Wagub Hadi saat berkunjung ke RSUD AWS Samarinda belum lama ini.

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu mengharapkan dengan kerja sama RSUD AWS dengan beberapa rumah sakit ternama di Indonesia, maka pelayanan kesehatan di Kaltim akan semakin baik, sehingga masyarakat juga bisa terlayani dengan lebih baik lagi.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar kepercayaan untuk RSUD AWS menjadi rumah sakit rujukan nasional bisa berjalan dengan baik,” tandas Hadi Mulyadi. (adm/diskominfokaltim)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti