spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ribuan Personel Polda Kaltim Siap Amankan Operasi Lilin Mahakam 2023

BALIKPAPAN – Polda Kaltim siap memberikan pengamanan dalam perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Sebanyak 1.905 personel dikerahkan dalam Operasi Lilin Mahakam 2023, yang akan berlangsung selama 12 hari terhitung sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto, dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Mahakam 2023 di Lapangan SPN Brimob Polda Kaltim, mengatakan bahwa ribuan personel tersebut akan disiagakan untuk pengamanan dalam menyambut perayaan Natal umat Kristen serta tahun baru 2023.

“Saudara kita umat Kristen merayakan Natal dan tahun baru, suatu tradisi di mana selalu mengadakan ibadah dan berkumpul, dan menjadi kewajiban kita mengamankan kegiatan tersebut,” ujarnya, Senin (18/12/2023).

Dalam Operasi Lilin Mahakam 2023, setidaknya ada sebanyak 1.905 personel yang disiagakan. Ribuan personel tersebut akan ditempatkan di 1.061 titik di 10 kabupaten kota di Kalimantan Timur dengan total 72 pos pengamanan. Para personel juga nantinya akan melakukan pengamanan di 911 gereja, 31 mal, 84 objek wisata, 15 pelabuhan, 8 bandara, dan 12 terminal bus yang tersebar di seluruh Kalimantan Timur.

BACA JUGA :  Begini Mekanisme Tilang ETLE, Tidak Ada Tilang Manual

Menurutnya, pada momen perayaan dan libur Natal dan tahun baru, akan terjadi peningkatan mobilitas masyarakat, baik dengan tujuan beribadah, berkumpul dengan keluarga, maupun pergi berlibur ke lokasi-lokasi tertentu.

“Dalam beberapa rangkaian ini tentu membutuhkan kesiapan kita, kesehatan kita, sehingga pada saat kita mengamankan apapun yang diberikan penugasan kita selalu siap,” jelasnya.

Nanang memastikan bahwa perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 bagi umat Kristen dapat berjalan lancar. Di sisi lain, Nanang juga memastikan penyaluran bantuan sosial, bantuan pangan non-tunai, dan pengawasan terhadap penyaluran bahan bakar minyak bagi masyarakat berjalan lancar menjelang tingginya mobilitas masyarakat di akhir tahun.

“Jadi, mudah-mudahan apa yang menjadi niatan baik kita bisa berjalan dengan lancar. Dan kita berikan yang terbaik kepada masyarakat,” tutupnya. (Bom)

Penulis: Aprianto
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img