spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ribuan Jemaah Kukar Bersholawat, Banjiri Halaman Kantor Bupati

TENGGARONG – Ribuan jemaah yang membanjiri halaman Kantor Bupti Kutai Kartanegara (Kukar), hanyut dalam lantunan sholawat dan doa bersama pada kegiatan Kukar Bersholawat, yang digelar pada Jumat (8/9/2023) malam.

Masyarakat Kukar dan sekitarnya dengan penuh sukacita mengikuti rangkaian kegiatan yang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, bersama dengan sejumlah lembaga dakwah dan pihak lainnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah pun turut hadir secara langsung untuk membuka acara ini dengan didampingi oleh Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin.

Pada kesempatan tersebut, ulama kenaaman asal Pekalongan, Jawa Tengah, Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, dipercaya memimpin sholawat sekaligus memberikan ceramah kepada seluruh jemaah yang hadir.

Tak hanya Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, Kukar Bersholawat juga dihadiri Habib Muhammad Al Jufri, Al Habib Aulia Bin Yahya dan KH Zhofaruddin atau yang akrab disapa Guru Udin asal Samarinda.

Pada kesempatan ini, Edi turut menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi yang sangat luar biasa dari seluruh jemaah yang hadir pada kegiatan Kukar Bersholawat.

“Semoga kegiatan ini menjadikan umat muslim Kukar bersatu dan menjaga silaturahmi, kerukunan, dan kedamaian di Kukar,” kata Edi Damansyah.

Ia menambahkan, Kukar Bersholawat merupakan bagian dari upaya yang dilakukan Pemkab Kukar bersama umat muslim untuk terus berupaya melakukaan dakwah keagaamaan, guna  menambah pengetahuan daan meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT.

“Kami mohon semua mendoakan NKRI agar terjaga, terpelihara, dijauhkan dari marabahaya, dikuatkan masyarakatnya dan daerahnya agar tenteram, damai dalam segala aktivitas,” sambungnya.

Senada dengan Bupati Kukar, Wabup Rendi juga menyampaikan hal yang sama. Ia bersyukur kegiatan ini dihadiri oleh ribuan jemaah yang mengikuti sholat dengan sangat khidmat.

“Alhamdulillah, kami bersyukur antusias masyarakat luar biasa terhadap Kukar Berholawat ini. Kami tidak menyangka, terlebih ini pertama kalinya digelar di periode kepemimpinan kami,” ucap Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Rendi menjelaskan, Kukar Bersholawat telah dipersiapkan sejak awal 2023. Dan sempat beberapa kali terjadi penundaan akibat padatnya kesibukan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf.

Namun, pihaknya juga tidak ingin terburu-buru untuk melaksanakan kegiatan tersebut, hingga akhirnya Kukar Bersholawat sukses dilaksanakan pada awal September ini.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah mau dilaksanakan beberapa bulan lalu. Tapi, kita tetap menyesuaikan dengan waktu penceramah yang kita undang. Dan, akhirnya bisa terlaksana malam ini,” jelas Rendi.

Kukar Bersholawat ini bukanlah yang pertama dan terakhir di 2023, nantinya kembali digelar pada akhir tahun mendatang.

Saat ini pihaknya tengah memastikan lokasi digelarnya Kukar Bersholawat volume II, antara Kecamatan Tenggarong atau Kecamatan Kota Bangun.

“InsyaAllah akan digelar lagi, opsinya digelar di Tenggarong atau Kota Bangun. Untuk penceramah, Habib Ali Zainal Abidin Assegaf kembali akan kita undang,” bener Rendi.

“Kukar Bersholawat ini adalah doa dan ikhtiar kita untuk membumikan sholawat di Kukar, agar kita semua senantiasa diberi perlindungan, kesehatan, apa yang kita kerjakan dapat diridhoi, dan tentunya untuk keberkahan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Ady Wahyudi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img