spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

RDP dengan Bappeda, Komisi III Pertanyakan Serapan Anggaran Triwulan I Tahun 2023

BALIKPAPAN – Komisi III DPRD Kota Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Litbang terkait pembahasan Perencanaan Kerja yang telah berjalan pada Triwulan I tahun 2023, pada Rabu (17/5/2023).

RDP digelar di ruang rapat Komisi III dan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Balikpapan, Alwi Alqadri, serta dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi III, Fadlianoor, Sekretaris Komisi III, Kamaruddin Ibrahim, dan anggota Komisi III lainnya, serta perwakilan dari Bappeda Litbang.

Sekretaris Komisi III, Kamaruddin Ibrahim, mengaku sangat mengapresiasi kinerja Bappeda Litbang terkait penyerapan anggaran yang sudah mencapai 43 persen.

“Serapan anggarannya sudah 43 persen, sementara dari sisi kinerjanya sudah mencapai 73 persen. Ini harus kita apresiasi,” ujarnya usai RDP.

Lebih lanjut, Kamaruddin Ibrahim menjelaskan, RDP ini membahas perencanaan pembangunan yang akan dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan, seperti pembangunan Flyover di turunan Muara Rapak.

Kemudian pembangunan jembatan Kariangau, di mana DED (Detail Engineering Design) pembangunan jembatan tersebut telah selesai dan memasuki tahapan pembebasan lahan.

“Semoga pada tahun 2024 sudah dapat terealisasi dan dilaksanakan semua,” jelasnya.

Adapun permasalahan lain yang disampaikan dalam RDP ini, yakni pembahasan permasalahan di Dapil (Daerah Pemilihan) masing-masing, baik itu pembangunan Rumah Sakit (RS) di wilayah Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat, hingga pembangunan sekolah di wilayah Balikpapan Timur.

“Ya, seperti yang disampaikan Anggota Komisi III Dapil Balikpapan Timur, Nurhadi Saputra, yang menyampaikan kapan dilaksanakannya pembangunan RS dan gedung sekolah baru di wilayah Balikpapan Timur, yang mana Bappeda mengatakan telah dianggarkan serta lahan telah tersedia tinggal pelaksanaannya,” tambahnya.

Terkait pembangunan Rumah Sakit di Balikpapan Barat juga dibahas dalam RDP ini. Kamaruddin menyampaikan, jika kabarnya dari sisi hukum sudah menang dan tinggal pelaksanaannya.

Disinggung terkait evaluasi di Bappeda, Kamaruddin mengaku secara keseluruhan kinerja dan serapan anggaran yang dilakukan Bappeda sudah cukup baik.

“Untuk saat ini tidak ada catatan. Kami menilai sejauh ini kinerja Bappeda sangat baik,” tutupnya. (ADV/DPRDBalikpapan/Bom)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.2k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img