spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan Peserta PPDB di Kukar Salah Mendaftar

TENGGARONG– Meski dilakukan secara daring atau online, masih banyak orang tua dan calon murid  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) datang langsung ke sekolah.

Ini dibuktikan dari ratusan orang tua mendatangi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Tenggarong, Senin (27/6/2022). Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 3 Tenggarong, Sariani, kedatangan orang tua dan siswa

ke sekolahnya, karena ada kesalahan pendaftaran yang dilakukan calon peserta didik baru. Mereka mendaftar sebelum waktu yang ditentukan yakni mulai Senin (27/6/2022) hingga Sabtu (2/7/2022).

“Mereka memperbaiki data, karena mendaftar sebelum waktunya (jadwal yang ditentukan),” ujar Sariani.

Dia menambahkan, jalur zonasi  paling banyak diminati peserta PPDB. Jika tidak bisa masuk jalur zonasi, panitia PPDB SMPN 3 Tenggarong langsung mengarahkannya ke jalur prestasi. “Karena jalur prestasi bisa dimasuki semua calon peserta didik baru,” lanjutnya lagi.

Terpisah, Sub Koordinator Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Kusrani mengatakan, tidak ada sistem yang berubah, atau masih sama dengan PPDB tahun 2021. Disebutkan, jalur zonasi masih mendominasi dengan kuota 50 persen, diikuti: 30 persen prestasi, 15 persen afirmasi dan 5 persen jalur mutasi.

BACA JUGA :  Hujan Bukan Penyebab Utama Banjir Besar di 3 Kelurahan, Samboja Dikepung 63 Lahan Tambang

“Masih sama dengan tahun lalu. Zonasi yang paling banyak kuotanya. Kuota yang diberikan untuk jalur ini (prestasi) adalah siswa kuota PPDB sekolah jika masih ada,” jelasnya.

Diketahui, total lulusan Sekolah Dasar di Kukar diperkirakan mencapai 14.432 siswa. Dengan total SMP di Kukar berjumlah 145 sekolah. Masing-masing 105 sekolah negeri dan 40 sekolah swasta. Sistem PPDB dengan 4 jalur ini diharapkan bisa memeratakan jumlah peserta didik di Kukar. Dengan harapan, perlahan bisa menghapus stigma sekolah favorit. Karena siswa pintar tidak lagi berkumpul di satu tempat saja. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img