spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rangkaian Perayaan HKN ke-59, Dinkes Bontang Adakan Lomba Ranking 1

BONTANG – Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang melaksanakan Lomba Rangking 1, yang diselenggarakan di Stadion Bessai Berinta (Lang-Lang), Jumat (10/11/2023) sore kemarin.

Dalam kegiatan lomba rangking 1 ini terdapat 10 kelurahan yang mengikuti, antara lain dari Kelurahan Tanjung Laut, Belimbing, Berbas Pantai, Guntung, Loktuan, Api-Api, Gunung Telihan, Berbas Tengah, Bontang Baru, serta Kelurahan Tanjung Laut Indah.

Dian Ari Susanti, Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat dan Penanggung Jawab Program Posyandu Dinas Kesehatan menyatakan, dalam perlombaan ini, mengundang seluruh kelurahan yang berada di Bontang untuk ikut serta, akan tetapi tidak semuanya dapat hadir.

“Ada 15 kelurahan sebenarnya, tetapi ada beberapa kelurahan yang berhalangan untuk tidak ikut serta. Dalam perlombaan ini pun, terdiri dari 3 orang dalam setiap perwakilan perkelurahan,” paparnya saat diwawancarai, Jumat (10/11/2023).

Dalam sehari dilakukan 3 kegiatan perlombaan, antara lain lomba antropometri pagi hari, lomba rangking 1 sore hari, dan lomba yel-yel malam hari.

“Lomba rangking 1 ini mencari juara 1, 2, 3, dan harapan 1, harapan 2, harapan 3. Kami menseleksi lewat kuis atau pertanyaan, yang tidak bisa menjawab atau jawabannya yang salah akan gugur,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kadinkes Apresiasi PT KDM, Ikut Tangani Stunting di Bontang

Perlombaan ini dilakukan bertujuan untuk memeriahkan HKN, hari kesehatan bersama termasuk para kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Dimana selama ini para kader sudah banyak membantu kegiatan di bidang kesehatan.

Kedua, memberi motivasi kepada para kader posyandu, yang dimana sesuai dengan tema HKN ke-59 Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Transformasi kesehatan ini menjadi salah satunya yakni posyandu. Mau tidak mau para kader kesehatan banyak yang terlibat.

Dian juga menambahkan, dengan harapan adanya kegiatan ini yang pertama lebih termotivasi lagi bagi para kader, selalu semangat melakukan tugas, bisa lebih berbagi pengalaman dengan para kader lainnya sekaligus mengevaluasi.

Serta perlu ditambahkan lagi pengetahuan terkait antropometri yang sangat perlu dipertajam lagi, dilatih lagi meski pun itu adalah suatu kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulannya. (dwi/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img