spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rangkaian Hari Relawan PMI, Temu Relawan Diikuti 700 Peserta se-Kukar

TENGGARONG – Memperingati Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), PMI Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Temu Relawan bersama seluruh relawan di Kukar. Ini menjadi rangkaian Peringatan Hari Relawan selama dua hari, yakni 25-26 Desember 2023.

Dalam rangkaian Temu Relawan, dihadiri langsung lebih dari 700 peserta. Berasal dari Korps Sukarela (KSR) relawan dari 20 kecamatan, organisasi relawan, organisasi pemuda, Pramuka Peduli, Balakarcana dan relawan dari beberapa sekolah di Kukar.

Turut hadir Bupati Kukar, Edi Damansyah, ketua PMI Kalimantan Timur (Kaltim), ketua PMI Kabupaten Bogor. Dimeriahkan oleh relawan PMI Bogor, Alfiansyah “Komeng” dan Gunandi Salam “Rudi Sipit”.

“Temu Relawan ini ditargetkan sebanyak 500 orang, setelah update data yang datang mencapai 700-an orang. Artinya keinginan relawan untuk silaturahmi tinggi,” ujar Ketua PMI Kukar, Ismed.

Ismed pun menambahkan, momentum Hari Relawan PMI Kukar ini, mampu menyatukan semangat dan mindset seluruh relawan di Kukar. Meski berbeda latar belakang dan bendera relawan, namun tetap solid dan siap turun ke lapangan dengan berbagai situasi dan kondisi.

“Artinya relawan di Kukar itu harus solid,” tutup Ismed.

Di tempat terpisah, PMI Kukar juga diketahui menggelar Youth Red Cross Competition (YRCC) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tenggarong. Yakni kompetisi bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR). Diikuti oleh 478 peserta dari 38 sekolah tingkat SMP dan SMA di Kukar.

Sementara itu, Bupati Kukar, Edi Damansyah, menginginkan Temu Relawan ini bukan sekadar seremonial saja, tapi berharap sebagai momentum untuk menguatkan tekad dan motivasi anak-anak yang tergabung dalam relawan PMI Kukar. Meski tidak meninggalkan kewajiban untuk tetap mengenyam pendidikan.

“Kegiatan relawan itu penting, sekolah juga penting. Diatur dengan baik, agar dua-dua bisa jalan dengan baik,” ucap Edi

Termasuk memberikan penekanan kepada camat dan pimpinan puskesmas. Untuk membina dan mengurus PMI tingkat kecamatan dengan baik dan terus dilakukan pembimbingan. Sebagaimana mitra pemerintah, untuk bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Bagaimana memberikan pelayanan ke masyarakat, PMI Kukar untuk penyediaan darah relatif sudah terpenuhi, para warga yang dirawat butuh darah, Alhamdulillah sudah tersedia,” pungkasnya.

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img