spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rampung, Wabup Rendi Tinjau Factory Sharing di Desa Jonggon Jaya

TENGGARONG – Setelah dipastikan rampung, Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, langsung meninjau Rumah Produksi Bersama (Factory Sharing) komoditi jahe yang terletak di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu.

Dalam kunjungannya, Rendi Solihin didampingi langsung oleh Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengecek pengerjaan yang menelan anggaran Rp 6 miliar tersebut.

Tak hanya jahe, rumah produksi bersama ini juga akan mampu memproduksi olahan daun serai, daun kelor dan beberapa komoditas pertanian asal Kukar lainnya.

Dilanjutkan Rendi, pembangunan rumah produksi bersama ini, merupakan hasil kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM (Diskop-UKM) Kukar dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Bertujuan sebagai salah satu sektor hilirisasi pertanian dalam arti luas di Kukar. Karena hasil pertanian selama ini, mengalir ke luar kota sekitar Kukar, Samarinda salah satunya. Sehingga dengan adanya rumah produksi ini bisa dan diharapkan memberikan hasil dan manfaat maksimal bagi daerah.

“Ini merupakan hasil hilirisasi dari program pertanian yang kita buat selama ini,” jelas orang nomor dua di Kukar ini.

BACA JUGA :  Honorer Harap Rekrutmen PPPK Berdasarkan Masa Bakti

Sehingga kegiatan yang selama ini menjual hasil dan bahan mentah sektor pertanian, dengan adanya rumah produksi bersama, Kukar bisa menjual barang jadi yang tentunya memiliki nilai jual yang lebih dan dirasakan dari hasil produksi oleh kelompok ataupun koperasi yang berada di Kukar.

“Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk hilirisasi pertanian di Kukar. Saya yakin Loa Kulu sudah banyak bukti untuk pertaniannya,” tutupnya. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img