spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rampung 100 Persen, Besok Jokowi Resmikan Tol Balsam, Sekaligus Tinjau Vaksinasi Pelajar di Samarinda dan Balikpapan

BALIKPAPAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim), di Samarinda dan Balikpapan, Selasa (24/8/2021) besok. Kunjungan Jokowi kali ini peresmian 2 seksi jalan tol Balikpapan Samarinda yang sudah rampung 100 persen dan meninjau proses vaksinasi Covid-19.

“Sampai hari ini (Minggu, 20/8) tidak ada perubahan. Rencananya Selasa (24/8) nanti, Pak Jokowi ke Samarinda meninjau proses vaksinasi pelajar dan akan meresmikan jalan tol yang sudah 100 persen,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal kepada Mediakaltim.com

“Rencananya rombongan akan turun melalui Bandara APT Pranoto Samarinda  dan pulangnya melalui Balikpapan. Preseiden sekaligus merasakan jalan tol yang sudah rampung 100 persen,” sambungnya.

Terkait rencana peninjauan vaksinasi, terpisah Kepala Dinas Pendidikan Samarinda, Asli Nuryadin mengakui sudah mendapatkan informasi tersebut. Rencananya Selasa (24/8), Presiden dari Bandara langsung menuju salah satu sekolah yang melaksanakan vaksinasi pelajar.

Pemkot Samarinda melalui Disdik telah menunjuk SMPN 22 Samarinda di Jalan Pahlawan, untuk menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi pelajar. “Ini karena lokasinya sejalur dengan Kantor Gubernur,” ucapnya.  Persiapan pengamanan juga sudah terlihat di SMPN 22, Minggu (22/8) kemarin. Tampak rombongan TNI/Polri melakukan peninjauan melihat kesiapan dan pengamanan di sekolah ini.

Selain meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5 di Pintu Tol Manggar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan berkunjung ke Balikpapan untuk meninjau vaksinasi COVID-19 di Dome pada Selasa 24 Agustus di Jalan Ruhui Rahayu. Sasaran 1.000 warga, termasuk pelajar dan mahasiswa.

“Selain karena protokol standar pengamanan Presiden, ditambah lagi protokol kesehatan sebab COVID-19, seluruh kegiatan Presiden dalam pengamanan sangat ketat,” ungkap Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Taufik Hanif mengutip dari Antaranews.

Karena itulah, kata dia, undangan maupun wartawan yang meliput kegiatan Presiden akan dibatasi. Selama kunjungan dan peninjauan itu, Presiden akan didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud. Presiden tidak bermalam di Balikpapan namun langsung kembali ke Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan RI.

Tentang peresmian Tol Balikpapan-Samarinda, Presiden Joko Widodo terlebih dahulu meresmikan ruas Samboja-Palaran sepanjang 66 km pada akhir 2019. Saat itu ruas 1 dan ruas 5 belum selesai dikerjakan karena berbagai kendala teknis.

Jalan tol yang pertama di Kalimantan ini memyingkat jarak dan waktu tempuh antara Balikpapan-Samarinda. Dengan jarak tempuh lebih kurang 99 km antarkedua kota, lewat tol bisa dihemat waktunya. Balikpapan-Samarinda lewat tol saat ini cukup membutuhkan waktu lebih kurang satu jam, sedangkan kendaraan melalui jalan bukan tol antara 2-3 jam. Saat ini, jalan yang dibangun dengan konstruksi beton itu sudah dilewati tidak kurang dari 3.000 kendaraan per hari.

Sementara itu, sejak Sabtu (21/8), Dinas Kesehatan Balikpapan bersama provinsi dan tim sekretariat presiden sudah membahas rencana kunjungan Jokowi tersebut. Disamping itu Presiden juga direncanakan meresmikan proyek Development of Four Higher Education Institutions Project. (gs/red)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img