spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ramaikan PKT UMKM Fest 2023, Stand Kopinicus Buka Sharing Session Tentang Kopi

BONTANG – Penyelenggaraan UMKM Fest 2023 yang diinisiasi PT Pupuk Kaltim Bontang berkolaborasi dengan Pemkot Bontang berlangsung meriah. Kopinicus yang merupakan salah satu  komunitas kopi di Bontang juga ikut  membuka stand di event yang digelar di GOR PKT Bontang pada Sabtu (9/12/2023).

Dalam expo kali ini, Kopinicus bukan hanya menjual minuman kopi saja, tetapi juga memberikan edukasi atau sharing terkait perkopian.

Dengan memberikan open sharing di hari ke-2, Kopinicus membahas mengenai mocktail yang langsung dijelaskan oleh salah satu anggota Kopinicus, yaitu Hery yang juga selaku Pemilik Kopi   Estiqomah.

”Mockatil yang dibahas dari buah buahan yang dijadikan fermentasi. Hasil fermentasi buah ini ternyata bisa menghasilkan keunikan rasa dan membuat ide dalam menu baru seperti es pisang ijo dan es putu,” kata Hery.

Selain itu, lanjut Hery, Mocktail sendiri bisa lebih dikembangkan atau dikreasikan dengan mencoba buah buahan lain. “Sehingga bisa mencari keunikan dari masing-masing buah dan menjadi ide untuk menciptakan cita rasa minuman yang baru,” imbuhnya.

Pada hari terakhir event PKT UMKM Fest 2023,  Kopinicus juga memberikan sharing session dan  yang dibahas adalah mengenai kopi filter. Dalam open sharing kali ini dijelaskan oleh M. Fadlan yang merupakan anggota Kopinicus serta salah satu Barista di Intimates Roastery.

Menurut Fadlan, kopi filter adalah kopi yang paling pas untuk diminum jika ingin menikmati kopi. Dikarenakan, kopi filter ini merupakan kopi yang diseduh dan diminum tanpa tambahan gula, susu atau pemanis lainya.

“Jadi, cita rasa dari biji kopi pilihan yang diseduh ini yang akan kita nikmati dari rasa asam, pahit serta manis dari kopi ini secara langsung. Karena setiap biji kopi memiliki rasa yang berbeda beda,” ujar Fadlan.

Adapun open sharing session ini juga memberikan kesempatan kepada pengunjung  yang datang untuk bertanya maupun berdiskusi langsung dengan teman-teman kopinicus. Salah satu pertanyaan yang disampaikan pegunjung adalah l“kapan sih waktu yang pas untuk menikmati kopi ini?”

“Sebenarnya minum kopi ini bisa kapan saja. Hanya saja menurut saya waktu yang pas untuk menikmati atau meminun kopi itu saat pagi hari. Jadi habis bangun tidur sebelum melakukan aktivitas atau berangkat kerja bagusnya minum kopi terlebih dahulu. Karena bisa membuat semangat menjalani kegiatan,” tutur Fadlan.

Isma salah satu pengunjung mengatakan bahwa stand Kopinicus bukan hanya sebuah stand, melainkan pengunjung juga bisa mendapatkan info kedai kopi atau coffeeshop yang ada di Bontang.

“Selain itu bisa mendapatkan ilmu dari sharing terkait mitos dan fakta dari kopi dengan teman-teman Kopinicus,” seru IsmaZ

Diketahui, event hari ini merupakan hari terakhir dan ramai pengunjung yang datang ke stand kopinicus untuk membeli kopi dan sharing terkait perkopian. (rls)

Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img