spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rajut Komunikasi Bidang Kominfo, Polhukam Siap Mediasi Pusat – Daerah

JAKARTA – Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) dipimpin oleh Muhammad Faisal, melakukan audiensi dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI) pada Selasa (25/7/2023) di Jakarta.

Audiensi tersebut disambut oleh Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Dr. Arif Mustofa di Ruang Rapat Gatot Kaca Gedung B Komplek Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 15 Jakarta Pusat.

Ketua ASKOMPSI, Muhammad Faisal menjelaskan, audiensi ini adalah upaya untuk merajut komunikasi yang baik antara pemerintah daerah dengan pusat. Terutama di bidang komunikasi dan informatika yang dikomandoi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di tingkat pusat.

Sementara di tingkat daerah adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai perpanjangan tangan Kemkominfo yang beroperasi baik di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Faisal yang juga menjabat sebagai Kepala Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), menilai bahwa selama ini belum terjalin sinergi yang ideal antara pusat dan daerah. Sejauh pengalamannya selama memimpin Diskominfo provinsi, menunjukkan bahwa terkadang terjadi pelaksanaan program yang terpisah antara pusat dan daerah.

“Seringkali ada program nasional di daerah, dimana pihak Kementerian turun ke lapangan tapi tanpa koordinasi dengan kami, tanpa sosialisasi. Ketika muncul masalah, baru mereka mengadu kepada kami. Inilah yang kami keluhkan di daerah. Sebagai contoh, program BTS BAKTI dan terbukti, saat ini menghadapi berbagai masalah,” keluh Faisal.

Faisal juga menyebutkan contoh program nasional lain yang dijalankan oleh kementerian pusat di daerah tanpa adanya sosialisasi dengan Pemerintah Daerah setempat. Contohnya termasuk program Literasi Digital dan Analog Switch Off (ASO) atau pengalihan televisi analog ke televisi digital.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur, Dr. Arif Mustofa berkomitmen untuk membantu melakukan mediasi dengan kementerian terkait, terutama dengan Kemkominfo yang berada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam.

“Saya akan berbicara dengan Kemkominfo. Jika perlu, kita akan mengadakan Rakornas untuk membahas permasalahan ini dengan melibatkan Kemenkopolhukam, Kemendagri, serta mengundang Diskominfo dari seluruh Indonesia,” terang Arif.

Pada prinsipnya, kata Arif, mediasi ini bertujuan untuk menyinergikan antara pusat dan daerah agar program nasional dapat berjalan secara optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Hadir dalam audiensi, Asisten Deputi Koordinasi Informasi Publik dan Media Massa Kemenko Polhukam Novan Ivanhoe Saleh, Dewan Pembina ASKOMPSI Eddy Santoso, serta Wakil Ketua ASKOMPSI, Ika Mardiah. (adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img