spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Puluhan Ribu Wisatawan Kunjungi Objek Wisata Kukar

Puluhan ribu wisatawan mengunjungi berbagai objek wisata di Kutai Kartanegara (Kukar) selama libur Idulfitri. Yang paling banyak dikunjungi yaitu Pantai Tanah Merah Samboja. Dalam sehari, rata-rata pelancong yang datang lebih 2 ribu orang. Puncak kunjungan pelancong terjadi pada akhir pekan menjelang libur Lebaran usai.

Menurut data pengelola Pantai Tanah Merah, sejak dibuka Selasa (3/5/2022) hingga Ahad (8/5/2022), kunjungan wisatawan di tempat itu lebih 15 ribu orang. Wisatawan berasal dari masyarakat lokal Kukar maupun dari luar daerah, seperti Samarinda, Balikpapan hingga Penajam Paser Utara (PPU).

Sub-Koordinator Pengelolaan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Hetty menyebutkan Pantai Tanah Merah memang menjadi destinasi wisata unggulan Kukar. Setelah Pulau Kumala yang belum buka karena masih dalam proses pembenahan. “Kunjungan wisatawan sangat tinggi, karena tren-nya wisatawan suka ke pantai,” ungkap Hetty pada Media Kaltim.

Selain itu, Taman Kota Raja (TKR) Tenggarong pun menjadi serbuan wisatawan.  Terutama malam hari. Karena saat malam menyajikan wisata lampu hias di area TKR, Jembatan Kartanegara dan turapan sekitar area TKR.  Kunjungan pelancong ini menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di lokasi itu.

Museum Mulawarman Tenggarong juga menjadi serbuan pelancong. Berbeda dengan destinasi wisata lainnya, Museum Mulawarman langsung buka pada hari pertama Idulfitri atau setelah selesai salat id. Pelancong yang datang ke salah satu situs budaya Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ini mencapai 500-700 orang per hari.

Selain mengunjungi museum, wisatawan juga berziarah ke makam raja Kutai yang berada tepat di samping Museum Mulawarman. Yang banyak berziarah, pelancong dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. “Wisatawan banyak yang dari luar Tenggarong, seperti Samarinda, Balikpapan, Bontang, ada juga dari Banjar,” ungkap Suyono, kepala TU Museum Mulawarman Tenggarong.

Berkah libur Lebaran juga dirasakan pengelola Taman Ladang Budaya (Ladaya) Tenggarong. Marketing Taman Ladaya, Annisya Amelia Rukhmana, mengatakan selama libur Lebaran, Taman Ladaya diserbu pelancong. Per hari mencapai 5-6 ribu orang. “Alhamdullilah, pengunjung ramai dan membludak,” kata wanita berjilbab tersebut.

Meski membludak katanya, penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap menjadi perhatian pengelola. “Alhamdullilah tidak sepadat yang kami prediksi pada awalnya, karena waktu cuti bersama cukup panjang, jadi waktu kunjungan cukup banyak terbagi dengan tempat wisata lain,” ujarnya lagi.

Hal serupa dialami beberapa destinasi wisata lain. Seperti kawasan Pangempang di Kecamatan Muara Badak, Wisata Alam Kembang Jaong Tenggarong, Taman Gubang di Tenggarong Seberang yang mendapat kunjungan 800 – 1.000 orang per hari selama libur Lebaran, sementara sebelumnya sekitar 300 orang per hari. (afi)

PENGUNJUNG DAN PENDAPATAN PANTAI TANAH MERAH SAMBOJA

3 Mei 2022 : 2.490 Orang               (Rp 23.020.000)

4 Mei 2022 : 3.475 Orang               (Rp 34.450.000)

5 Mei 2022 : 2.629 Orang               (Rp 27.050.000)

6 Mei 2022: 941 Orang                   (Rp 9.888.000)

7 Mei 2022: 2.559 Orang                (Rp 25.512.000)

8 Mei 2022 : 2.960 Orang               (Rp 28.885.000)

Total pengunjung : 15.054 Orang (Rp 148.805.000)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Di Luar Ruangan Masyarakat Bebas Tanpa Masker, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

0
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan melonggarkan aturan kewajiban penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19. Kini masyarakat diperbolehkan tidak...

Pasca Liburan, 398,6 Kg Sampah Terkumpul di Pulau Beras Basah, Sedotan Plastik Setara Luas...

0
BONTANG - Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri, aksi bersih-bersih dilakukan di Pulau Beras Basah, pada Minggu (15/5/) hingga Senin (16/5). Yang cukup...