spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pulau Kumala Terus Dikembangkan, Pemkab Kukar Tepis Anggapan Objek Wisata Terlarang

TENGGARONG – Belum lama ini, beredar postingan berita terkait Pula Kumala. Di mana pulau yang berada tepat di tengah Sungai Mahakam ini, disebut menjadi destinasi wisata yang terlarang dan berbahaya untuk dikunjungi.

Hal tersebut tentu ditepis oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar). Melalui Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menyebut sejumlah pembangunan terus dilakukan demi menunjang infrastruktur Pulau Kumala. Sebagai langkah untuk kembali meningkatkan gairah pariwisata di Kukar.

“Tidak benar ya, Pulau Kumala pulau yang luar biasa, kebanggaan kita bersama,” tegas Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, Selasa (27/6/ 2023).

Kendati demikian, ia tak menampik terdapat sejumlah fasilitas di Pulau Kumala yang mengalami kerusakan semenjak Covid-19 melanda. Namun secara perlahan dan bertahap, terus dilakukan perbaikan. Bahkan sejumlah anggaran pun siap dikucurkan, untuk kembali mempercantik ikon wisata di Kukar tersebut.

Pulau Kumala. (Istimewa)

Menurut Rendi, Pulau Kumala masih menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terbukti dari jumlah kunjungan di libur Hari Raya Idulfitri lalu, dimana pengunjung mencapai 3 ribu lebih.

BACA JUGA :  Kaleidoskop Pemkab Kukar Semester I Tahun 2023, Torehkan Beragam Prestasi dan Penghargaan

Lanjut Rendi menjelaskan, selagi menunggu investor, pihaknya akan melakukan pengembangan kecil di Pulau Kumala. Salah satunya dengan membangun waterboom mini, yang pembangunannya dimulai pada 2023 ini.

“Kita ingin seluruh tempat wisata di Kukar bangkit kembali, termasuk di Pulau Kumala. Ya sambil menunggu investor, pengembangan kecil akan kami lakukan,” jelasnya.

“Sekali lagi, anggapan Pulau Kumala ini adalah pulau terlarang untuk dikunjungi tidaklah benar. Kami dari Pemkab Kukar bertekad untuk mengembangkan fasilitas penunjang lainnya guna menarik wisatawan,” tutup¬†Rendi.¬†(afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img