spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PT PP Targetkan 2 Tower Rusun ASN IKN Selesai Sebelum 17 Agustus 2024

JAKARTA – PT PP (Persero) Tbk sebagai BUMN Karya menargetkan pembangunan dua tower rumah susun (Rusun) ASN di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara selesai sebelum 17 Agustus 2024.

“Ditargetkan selesai antara 2 – 3 tower rusun di paket (pekerjaan) kami sebelum 17 Agustus 2024,” kata Direktur Utama PT PP Novel Arsyad di Komplek DPR RI, Jakarta, Rabu.

Novel mengatakan, PT PP mendapatkan tugas membangun 9 tower dari 47 tower Rusun ASN di IKN Nusantara. Dari 9 tower Rusun ASN di IKN yang dibangun, selain 2 -3 tower ditargetkan selesai sebelum 17 Agustus 2024, sisa tower Rusun ASN lainnya dapat dirampungkan setelah 17 Agustus 2024.

“PT PP bertugas membangun 9 tower Rusun ASN di IKN secara Kerja Sama Operasional atau KSO,” katanya. Pekerjaan pembangunan Rusun ASN di IKN tersebut mencakup pengerjaan struktur dan perapihan (finishing).

Sebagai informasi, pembangunan 47 tower Rusun ASN di IKN Nusantara menggunakan skema dana APBN.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 47 tower ASN-Hankam dilaksanakan selama 19 bulan sehingga selesai seluruhnya pada Desember 2024.

BACA JUGA :  Akademisi-Politisi Kaltim Juga Soroti Pengesahan UU IKN

Rusun ASN berlokasi secara tersebar di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dengan total lahan seluas 45,91 hektare.

Masing-masing tower dibangun setinggi 12 lantai terdiri dari lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasilitas sosial/fasilitas umum seperti tempat fitness, ruang publik, dan sebagainya. Sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian.

Dalam proses pembangunan Rusun ASN di IKN Nusantara, Kementerian PUPR menerapkan sedikitnya tiga kriteria pelaksanaan pembangunan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST).

Secara keseluruhan dari 47 tower rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya.

Pembangunan rusun terdiri dari 31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit untuk menampung 5.580 orang. Kemudian Rusun Hankam terdiri dari 7 rusun untuk personel POLRI dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit menampung 2.880 personel.

Pewarta : Suharsana Aji Sasra J C
Editor : Ahmad Wijaya

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img