spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Jokowi Mulai Pembangunan Superblock Pakuwon Nusantara

NUSANTARA – Usai melakukan peresmian dimulainya pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara dan Mayapada Hospital Nusantara, Presiden RI Joko Widodo kembali melakukan groundbreaking Pakuwon Nusantara di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Sepaku, Penajam Paser Utara, Rabu (1/11/2023).

Peletakan batu pertama pembangunan superblock Pakuwon Nusantara oleh PT Pakuwon Nusantara Abadi anak perusahaan PT Pakuwon Jati Tbk senilai Rp5 triliun.

Berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A, memiliki luas lahan 7,2 hektar berlokasi strategis di kawasan Sumbu Kebangsaan tepat didepan Tugu Nol, akan dibangun pusat perbelanjaan (2 kondominium), tiga hotel dan apartement.

Mengawali sambutannya, Presiden Jokowi menyebutkan jalan tol yang saat ini sedang dibangun dan bandara IKN akan rampung pada 2024.

“Jalan tolnya rampung, airportnya selesai, saya yakin, kalau yang terlambat memulai investasinya di IKN, bapak ibu (investor lokal) akan ketinggalan,” tegasnya.

Sebab menurut orang nomor satu di republik ini, ketika bandara dan jalan tol selesai pada Juni tahun depan, maka tidak bisa dipungkiri akan berbondong-bondong investasi dari luar datang ke IKN. “Saya sangat mengapresiasi PT Pakuwon merancang dan akan membangun untuk apartemen, mall serta hotel,” ungkapnya.

Namun, Jokowi berpesan kepada Kepala Otorita IKN agar mendahulukan investor dalam negeri.

“Tapi kalau mentok dan sudah tidak ada, baru kita keluarkan jurus yang dari luar,” tegasnya lagi.

Karena diakuinya, sejak beberapa bulan terakhir sudah banyak investor dari negara lain yang datang, seperti Singapura, Korea, Jepang, Malaysia dan Uni Emirat Arab.

“Seperti investor Uni Emirat Arab, pasti mintanya satu blok, untuk financial centre mereka yang garap. Nah, kalau begitu, investor dalam negeri dapat apa,” ujarnya.

“Karenanya, kami rem, saya suruh Otorita IKN tahan dulu, kita kasih kesempatan investor dalam negeri. Saya minta cepat, jangan sampai ketinggalan,” pungkasnya.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyebutkan investasi swasta pada September lalu yang telah digroundbreaking Presiden Jokowi sekitar Rp23 triliun. Berlanjut Oktober ini sebesar Rp12 triliun dan Desember nanti akan ada Rp10 triliun lagi investasi yang akan masuk.

“Ini masih banyak yang antre. Sehingga totalnya investasi swasta yang masuk di IKN lebih Rp45 triliun hingga akhir 2023,” jelasnya.

Tampak hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Pj Bupati Penajam Paser Utara Marbun Makmur, presiden komisaris dan jajaran direksi PT Pakuwon Group.(PemprovKaltim/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img