spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pranata Humas se-Kaltim Diajak Tingkatkan Kompetensi Kinerja Pemerintah di Era Digital

SAMARINDA – Seluruh Pranata Humas se-Kalimantan Timur diundang untuk terus meningkatkan kompetensinya melalui peningkatan wawasan. Dalam Rapat Kerja Pranata Humas tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim dengan tema “Optimalisasi Peran Pranata Humas dalam Pengelolaan Media untuk Meningkatkan Kinerja Pemerintah di Era Digital”, acara ini berlangsung di Grand Jatra Hotel Balikpapan pada Selasa (11/04/2023).

Pelayanan kehumasan adalah pelayanan kepada masyarakat yang baik agar mendapat kepercayaan, komitmen, dan partisipasi yang lebih luas. Oleh karena itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang memiliki keterampilan dan keahlian serta kompetensi yang mumpuni untuk menjalankan fungsi kehumasan secara proporsional dan profesional.

Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, yang membacakan sambutan Sekdaprov Kaltim, mengatakan tema ini dipilih karena saat ini di era digital, pemerintah harus bisa seimbang dengan kemajuan teknologi.

“Sebagai Humas, harus selalu siap dalam mengantisipasi kecepatan arus informasi. Ini untuk mendistribusikan pesan positif dan pencapaian pemerintah kepada publik agar terbangun kepercayaan serta reputasi negara dan lembaga,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tahun Ini Kubar dan Paser Siap Gabung ke Data Geospasial KaltimĀ 

Selain itu, Pranata Humas dituntut untuk lebih aktif berperan dalam setiap kebijakan atau program pemerintah.

Dirinya berharap para Pranata Humas dapat berperan aktif dalam melaksanakan komunikasi publik dalam membangun reputasi negara. Karena, salah satu indikator kesuksesan pemerintah dalam melayani publik adalah kepercayaan publik itu sendiri.

“Selain dengan diseminasi publik, diperlukan mitigasi isu-isu yang berpotensi menjadi krisis komunikasi dalam implementasi kebijakan. Sehingga para Pranata Humas dapat mencegah krisis-krisis yang terjadi dalam masyarakat melalui komunikasi publik,” terang mantan pejabat Pemkot ini.

Dalam kegiatan Raker juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Paser dan diikuti oleh 108 peserta yang terdiri dari Pranata Humas se-Kalimantan Timur. Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Pranata Humas Ahli Madya, Ditjen Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo Santhy Verawaty Elfrida, S.Sos., M.Ikom, Praktisi Komunikasi Dr. Emilia Bassar, M.Si., IAPR dan Research and Training Manager PT. Indonesia Indicator Nur Imroatus, M.Hum. (adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img