spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PPU Minta Pemerataan Akses Internet di Wilayah Blank Spot

PENAJAM – Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, sebagai kabupaten yang sebagian wilayahnya menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan menjadi tetangga pusat pemerintahan nasional itu mengharapkan pemerataan akses Internet.

“Masih ada wilayah blank spot (tidak terjangkau akses Internet) tersebar di Kecamatan Penajam, Babulu dan Sepaku,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin di Penajam, Rabu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Khairuddin, meminta dukungan pemerintah pusat agar blank spot tidak ada lagi sehingga akses Internet untuk kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Sejumlah wilayah yang masih terdapat blank spot, di daerah berjuluk Benuo Taka itu antara lain Desa Bukit Subur, Sepan, Sidorejo, dan Giripurwa di Kecematan Penajam. Terdapat pula titik nir-Internet di Kecamatan Babulu, yaitu empat titik yang tersebar di Desa Rintik, Gunung Makmur, Sumber Sari, dan Labangka Barat.

Kemudian di Kecamatan Sepaku masih terdapat satu lokasi blank spot, yakni Desa Bumi Harapan. Pemerintah Penajam Paser Utara mengusulkan kepada pemerintah pusat agar terdapat dukungan pembangunan menara telekomunikasi (Base Transceiver Station/BTS) di sejumlah kawasan yang tidak ada tersentuh jaringan Internet tersebut.

BACA JUGA :  Pj Bupati PPU Dorong Penetapan Skala Prioritas Pembangunan di Tahun 2024

Pemerintah pusat melakukan penentuan titik koordinat, kemudian melakukan verifikasi wilayah pemasangan BTS atau menara telekomunikasi.

“Kami sudah koordinasi dengan pemerintah pusat terkait blank spot, dan belum ada informasi berikutnya,” kata Khairuddin. (ant/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img