spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polresta Samarinda Tangkap Pelaku Perdagangan Orang

SAMARINDA  – Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polresta Samarinda berhasil menangkap pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang dilakukan oleh seorang pemuda berinisial TDS (26) kepada anak di bawah umur.

“Saat menangkap seorang pemuda yang diduga sebagai mucikari yang memperdagangkan seorang anak di bawah umur bernama INS (16),” ucap Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli di Samarinda, Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa TDS mempekerjakan INS untuk menjadi Pekerja Seks Komersil (PSK) yang dilakukan via WhatsApp, dibawa ke sebuah klub malam, di mana tindakan tersebut sudah berjalan selama tiga bulan.

Keterangan yang dipaparkan Oleh Kapolresta Samarinda menyebutkan penyelidikan terhadap kasus ini dilakukan pada 15 April 2023.

“Awalnya, anggota melakukan undercover guna menindaklanjuti info adanya TPPO tersebut dan berhasil mendapat kan nomor WhatsApp yg diduga milik terlapor,” ungkapnya saat konferensi pers di Kantor Polresta Samarinda.

Penyamaran dilakukan untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku, hingga akhirnya pelaku ditangkap di sebuah klub malam pada akhir April 2023.

BACA JUGA :  Diduga LPG 12 Kg Bocor, Rumah di Talang Sari Meledak, Ibu dan Anak Alami Luka Bakar

“Adapun motif yang dilakukan, transaksi melalui WA dengan kesepakatan Harga Rp750.000, kemudian menuju TKP dan langsung diamankan ke Polresta Samarinda,” papar Ary.

“Setiap kali transaksi mereka membagi keuntungan,” ujar Kapolresta.

Lanjutnya, untuk korban INS mendapatkan 80 persen dari keuntungan, sebesar Rp500.000. Sedangkan tersangka mendapatkan kisaran Rp100.000 atau Rp200.000.

Adapun perkara ini dikenakan pasal 2 ayat (1) Undang-undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

“Setiap orang yang akan melakukan perekrutan atau penerimaan dengan ancaman kekerasan, pidana paling singkat tiga tahun dan paling lama tujuh tahun,” pungkas Ary. (antara/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img