spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Penajam Ungkap 2 Kasus Curanmor Libatkan Residivis

PENAJAM – Polres Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengungkap dua kasus pencurian kendaraan bermotor dengan empat pelaku, termasuk satu residivis.

“Pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama dan melakukan aksi pencurian sekira pukul dua dini hari, saat kondisi sekitar sudah sepi,” ujar Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Hendrik Eka Bahalwan di Penajam, Minggu (2/7/2023).

Hendrik mengatakan daerah operasi pelaku hingga kota dan kabupaten lain di Kalimantan Timur. Pelaku residivis tersebut yakni pria berinisial MLR (28) warga Desa Hawang, Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan.

Para pelaku dibekuk Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Penajam Paser Utara. Mereka mencuri tiga sepeda motor di Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam, satu unit di Kelurahan Waru, Kecamatan Waru di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara.

MLR selama berada di Kabupaten Penajam Paser Utara tinggal di rumah kos di wilayah Desa Giripurwa, Kelurahan Penajam.

Dia menjual barang hasil pencurian kepada pria berinisial AG (48) sebagai penadah barang curian di Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA :  Hamdam Janji Selesaikan RPJMD Sebelum Masa Jabatan Berakhir

Penangkapan AG dilakukan Unit Jatanras Satreskrim Polres Penajam lewat kerja sama dengan Polda Kalimantan Selatan.

Hendrik mengatakan kedua pelaku telah ditetapkan menjadi tersangka. MLR diancam hukuman penjara paling lama tujuh tahun penjara dan pasal tambahan karena residivis. Sedangkan AG diancam hukuman penjara maksimal empat tahun penjara.

Kasus curanmor lain yang berhasil diungkap adalah pencurian sepeda motor milik nelayan di Desa Api-Api, Kecamatan Waru. Pelaku berinisial NS (26) dan SN (22).

Kedua pelaku juga telah ditetapkan sebagai tersangka, dan diancam hukuman penjara selama-lamanya lima tahun, demikian Hendrik Eka Bahalwan. (Ant/MK)

Oleh : Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor : Imam Santoso

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img