spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Bontang Lakukan Pengamanan Unjuk Rasa Damai di Kantor Kecamatan Muara Badak

BONTANG – Polres Bontang melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa damai yang digelar puluhan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Muara Badak (Ampera) dalam rangka Peringatan Hari Buruh dan Hari Pendidikan Nasional di Simpang 6 Muara Badak dan Kantor Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kertanegara, Senin (9/5/2022).

Kegiatan unjuk rasa diikuti oleh Ikatan Mahasiswa Muara Badak (Imaba), Forum Gerakan Pemuda Masyarakat Pangempang (FGPMP), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Muara Badak, Persatuan Pemuda Muara Badak (PPMB), dan Pemuda Desa Tanjung Limau Kecamatan Muara Badak.

Mereka mengawali aksi dengan berkumpul  di depan Kantor Desa Gas Alam Badak 1 pada pukul 14.00 Wita. Kemudaian massa dengan jumlah sekitar 35 orang bergeser menuju bundaran Simpang 6 dengan menggunakan kendaraan roda 2 sekitar 10 Unit dan roda 4 sebanyak 2 unit.

Di Simpang 6, massa memulai orasi dengan menggunakan pengeras suara dan spanduk. Selanjutnya pada pukul 15.00 Wita massa menuju Kantor Kecamatan Muara Badak. Tuntutan pengunjuk rasa yaitu mendesak Pemerintah Kecamatan untuk merealisasikan Asrama Mahasiswa Muara Badak, menuntut perusahaan lokal untuk membuka beasiswa bagi mahasiswa Muara Badak yang kurang mampu.

Kemudian mereka meminta memprioritaskan mahasiswa Muara Badak dalam praktek kerja lapangan (PKL) atau magang di perusahaan di Muara Badak, memperjelas transparansi dana Corporate Social Responsibility (CSR) setiap perusahaan di Muara Badak dalam bidang pendidikan, memperjelas transparansi rekruitmen tenaga kerja perusahaan di Muara Badak, serta mengusut tuntas proyek pembangunan di Muara Badak yang terbengkalai dan tidak sesuai perencanaan pembangunan.

Dalam kegiatan pengamanan tersebut Polres Bontang menurunkan sebanyak 40 personel terdiri dari 1 pleton Dalmas awal gabungan Polsek Muara Badak dan Polsek Marang Kayu, serta 1 pleton Dalmas Inti Polres Bontang. Kegiatan ini dipimpin Kasat Intel Polres Bontang AKP Sumardi bersama Kapolsek Muara Badak Iptu Yoshimata JS Mangala.

Kapolres Bontang AKBP Hamam Wahyudi melalui Plt. Kasi Humas Iptu Mandiyono mengatakan Polres Bontang mengawal dan memberikan pengamanan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan oleh Ampera sehingga pelaksanaan aksi dapat berjalan aman, damai, tertib, dan lancar.

”Hari ini kita turunkan sebanyak 40 personel sesuai dengan sprin (surat perintah, Red.) untuk menjaga dan dan mengawal unjuk rasa damai gabungan mahasiswa dan pemuda (Ampera) Kecamatan Muara Badak,” kata Mandiyono.

“Kita menurunkan personel bukan karena massa akan melakukan tindakan anarkis tetapi Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan, dan tanggung jawab kepolisian. Selama ini di Muara Badak selalu damai tetapi pengamanan dan pengawalan itu tetap dilaksanakan,” ujarnya.

Mandiyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada gabungan Ampera yang telah melakukan aksi unjuk rasa dengan damai, sehingga berjalan dengan dan tertib. (hms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Di Luar Ruangan Masyarakat Bebas Tanpa Masker, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

0
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan melonggarkan aturan kewajiban penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19. Kini masyarakat diperbolehkan tidak...

Pasca Liburan, 398,6 Kg Sampah Terkumpul di Pulau Beras Basah, Sedotan Plastik Setara Luas...

0
BONTANG - Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri, aksi bersih-bersih dilakukan di Pulau Beras Basah, pada Minggu (15/5/) hingga Senin (16/5). Yang cukup...