spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Bontang Laksanakan Pengamanan Unjuk Rasa Menolak Kenaikan BBM

BONTANG – Polres Bontang melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa damai yang digelar puluhan mahasiswa Kota Bontang bersama Aliansi Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) di Gedung Wali Kota Bontang dan DPRD Kota Bontang, Senin (12/9/2022). Unjuk rasa terkait penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan penanganan banjir di Kota Taman.

Unjuk rasa diikuti mahasiwa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bontang, mahasiswa Universitas Trunajaya Bontang, mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi (Stitek) Bontang, mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang (STTIB). Mereka mengawali aksi dengan berkumpul di Sekretariat HMI Jalan DI Panjaitan Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara pukul 08.00 Wita.

Kemudaian massa sekitar 30 orang menuju kantor Wali Kota Bontang di Jalan Moch Roem 1 Kelurahan Bontang Lestari. Mereka menggunakan  kendaraan roda dua sekitar 15 unit dan mobil pickup. Di kantor Wali Kota, massa melakukan orasi  dengan membawa spanduk dan pengeras suara.

Tuntutan pengunjuk rasa yaitu menolak pemotongan subsidi BBM dan pemberantasan mafia BBM, menuntaskan kasus  HAM di Indonesia, mendesak dan mengawal Pemerintah Kota Bontang untuk menuntaskan banjir, mendesak Pemerintah Kota Bontang untuk menstabilkan harga bahan pokok.

Selanjutnya pada pukul 11.00 Wita, massa bergeser ke kantor DPRD Kota Bontang dengan berjalan kaki. Tiba di kantor DPRD, massa langsung melakukan orasi dan meminta perwakilan anggota DPRD Kota Bontang untuk melakukan pertemuan di ruang rapat DPRD Kota Bontang.

Para pengunjuk rasa diterima Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Agus Haris, Wakil Wali Kota Bontang Najirah, Sekda Kota Bontang Aji Erlinawati, Kapolres Bontang, serta 12 anggota DPRD Kota Bontang.

Dalam pengamanan tersebut, Polres Bontang menurunkan 185 personel, terdiri dari 1 pleton Dalmas awal serta 1 pleton Dalmas Inti Polres Bontang. Pengamanan dipimpin Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Prastiya didampingi Kabag Ops AKP Sujarwanto.

Kapolres AKBP Yusep Dwi Prastiyai melalui PS Kasi Humas Iptu Mandiyono mengatakan, Polres Bontang mengawal dan memberikan pengamanan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan oleh Ampera sehingga pelaksanaan aksi dapat berjalan aman, damai, tertib, dan lancar.

”Polres Bontang menurunkan 185 personel untuk mengamankan unjukrasa mahasiswa agar dalam menyampaikan aspirasi dapat berlangsung aman damai dan kondusif, ” kata Iptu Mandiyono.

Mandiyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada gabungan Ampera yang telah melakukan aksi unjuk rasa dengan damai, sehingga berjalan dengan dan tertib. (hms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img