spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Berau Lakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 202, Pastikan Pengamanan Nataru

TANJUNG REDEB – Dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kepolisian Resor (Polres) Berau melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2023, di wilayah hukum Polres Berau yang dilaksanakan di Lapangan Pemuda, Jalan Pemuda, Kecamatan Tanjung Redeb, Kamis (21/12/2023).

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Berau, AKBP Steyven Jonly Manopo dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Berau, mitra Kamtibmas dan stakeholder lainnya.

Dirinya menyampaikan amanat Kapolri, Jendral Polisi, Listyo Sigit Prabowo, bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana sehingga pengamanan Nataru dapat berjalan dengan optimal.

“Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar, sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo,” ucapnya

“Nataru ini menjadi kegiatan rutin setiap akhir tahun, oleh karena itu harus dipersiapkan pengamanannya secara maksimal, terutama yang berkaitan dengan transportasi, pasokan distribusi kebutuhan pokok,” sambungnya.

Momentum Nataru menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Di mana sangat perlu dilakukan pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal, terutama dengan kondisi massa dalam jumlah yang besar.

Selain itu, juga melakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi bahan peledak (handak) komersial atau petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

“Guna mengantisipasi kejahatan konvensional, patroli rutin harus dilakukan pada objek vital, pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman. Sosialisasikan kepada masyarakat yang akan bepergian dalam waktu lama agar melapor kepada petugas setempat dan sediakan layanan penitipan kendaraan pada kantor-kantor kepolisian,” tegasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan survei Kemenhub, potensi pergerakan masyarakat pada Nataru tahun ini diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143,65 persen atau 63,46 juta orang bila dibandingkan tahun sebelumnya.

“Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri di dukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023″ selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 02 Januari 2024,” tandasnya.

Pewarta: Amnil Izza
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img