spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Plaza 21 Samarinda Bertransformasi Menjadi Gedung Parkir Bertingkat

SAMARINDA – Sebuah langkah strategis telah diambil oleh Pemerintah Kota Samarinda dalam mengoptimalkan aset daerah.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, pada Selasa (27/5/2024), telah diputuskan bahwa gedung Plaza 21, yang terletak di pusat perbelanjaan bahari Citra Niaga, akan diubah fungsinya menjadi gedung parkir bertingkat.

Pertemuan tersebut, yang melibatkan berbagai instansi terkait, awalnya membahas rencana untuk mengubah gedung tersebut menjadi sebuah hotel bintang tiga. Namun, setelah pertimbangan bisnis yang mendalam, ditemukan bahwa nilai investasi tidak sebanding dengan nilai aset yang dimiliki oleh pemerintah kota, yang saat ini mencapai Rp 31,234 miliar.

Mengingat kondisi struktural dan usia gedung Plaza 21 yang tidak memungkinkan untuk dijadikan hotel, Wali Kota Andi Harun, bersama Sekretaris Daerah Hero Mardanus, sepakat untuk mengalihfungsikan gedung menjadi tempat parkir. “Kami telah memutuskan untuk mengelola gedung ini sebagai tempat parkir,” ujar Wali Kota.

Untuk merealisasikan rencana ini, Wali Kota telah menginstruksikan Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kota Samarinda untuk berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dalam merancang desain gedung parkir yang baru. Rencana tersebut mencakup pembangunan gedung empat lantai, dengan tiga lantai pertama diperuntukkan sebagai area parkir dan lantai teratas diusulkan untuk dijadikan cafe atau restoran dengan konsep rooftop.

BACA JUGA :  Pemkot Samarinda Luncurkan Program Kredit Tanpa Bunga

Desain perencanaan ini juga akan mencakup estimasi biaya pembangunan, dengan harapan pembangunan fisik dapat dimulai pada tahun 2025. “Pemkot tidak hanya berfokus pada keuntungan, tetapi juga pada kebutuhan akan area parkir di kawasan ini,” tutup Wali Kota.

Dengan rencana ini, Plaza 21 diharapkan tidak hanya akan memenuhi kebutuhan parkir yang meningkat tetapi juga akan menambah nilai estetika dan fungsi sosial bagi masyarakat Samarinda. (adv/diskominfosamarinda)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img