spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Gubernur Kaltim Ajak Pemuda Miliki Visi Pembangunan di Hari Sumpah Pemuda

SAMARINDA – Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menggelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 dengan tema “Bersama Majukan Indonesia” pada Sabtu (28/10/2023).

Upacara ini dilaksanakan di halaman parkir Gelora Kadrie Oening Sempaja dan diikuti pejabat struktural, pegawai, pengurus organisasi kepemudaan, mahasiswa, dan pelajar.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Kaltim, Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si, bertindak selaku inspektur upacara dan membacakan pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam pidatonya, Akmal menyampaikan bahwa pemuda harus memiliki visi dan peran strategis dalam pembangunan. Menurut Akmal, momentum Sumpah Pemuda adalah pengingat akan sejarah gotong royong pemuda yang memiliki semangat patriotisme dan menyatukan visi kebangsaan melalui peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928.

“Untuk mengikuti perubahan, kita harus menguasai perkembangan teknologi dan literasi digital. Oleh karena itu, setiap pemuda perlu memiliki visi dan misi untuk 30 tahun ke depan agar dapat meningkatkan percepatan pembangunan,” ujar Akmal.

Lebih lanjut, Akmal menjelaskan bahwa strategi yang dapat digunakan untuk percepatan pembangunan adalah gotong royong lintas generasi dan lintas sektor, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Layanan Kepemudaan, agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut berjalan efektif untuk meningkatkan indeks pembangunan pemuda.

BACA JUGA :  Yadi Sofyan Noor, Orang Kaltim Pertama Jabat Ketum KTNA

Akmal berharap momentum Sumpah Pemuda ini dapat membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan Indonesia.

“Perlu tekad dan komitmen dari berbagai stakeholder, mulai dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Organisasi Kepemudaan, dan komunitas untuk kemajuan,” tandasnya.

Rangkaian kegiatan dalam peringatan Sumpah Pemuda ini mencakup Upacara dan penyerahan penghargaan dari Pj Gubernur Kaltim kepada pemenang Pemuda Prestasi Kaltim dan perwakilan Kaltim dalam Paskibraka Nasional. (dsy)

Pewarta: Desy Alvionita
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img