spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pilot Projects Desa Bersinar, Desa Loa Duri Ilir Bentuk Satgas

TENGGARONG – Tiga desa resmi ditunjuk sebagai pilot projects Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Kutai Kartanegara (Kukar). Diantaranya Desa Loa Duri Ilir (Kecamatan Loa Janan), Desa Sumber Sari (Kecamatan Sebulu) dan Desa Genting Tanah (Kecamatan Kembang Janggut).

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Desa Loa Duri Ilir, Fakhri Arsyad, ditunjuknya desanya karena berada di jalur pertemuan Samarinda-Kukar-Balikpapan. Berpotensi besar terjadinya keluar masuk dan transaksi narkoba di wilayah ini. Itu yang menyebabkan Desa Loa Duri Ilir ini, hampir setiap tahun banyak ditemukan pelaku peredaran narkoba tertangkap yang tertangkap.

Ilustrasi. Pencegahan narkoba. (Istimewa)

“Makanya dari pihak Badan Kesbangpol Kukar menunjuklah desa di Kukar, termasuk Loa Duri Ilir yang ditargetkan bersih dari narkoba,” ujar Fakhri saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2023).

Bahkan saat ini, di Desa Loa Duri Ilir sudah membentuk Satgas Desa Bersinar. Dibawah wewenang kepala desa bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta kolaborasi dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kukar. Nantinya ada langkah sosialisasi terkait narkoba. Selanjutnya ada tim khusus untuk penindakan dan rehabilitasi. Sosialisasi pun dilakukan dengan menyasar tingkat SD, SMP hingga SMA di Desa Loa Duri Ilir.

BACA JUGA :  2 SMK di Kukar Terima BKK dari Disnakertrans

“Kita ada sosialisasi, setelah itu kita lakukan skrinning uji narkoba. Kita ngambil sampel, kemudian kita lakukan negosiasi apabila ada orang tua yang anaknya disinyalir, kalau anaknya disinyalir dan takut menghadap maka kita akan mengakomodir untuk mengarahkan ke rehabilitasi untuk ke pencegahan,” tutup Fakhri. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img