spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peserta IFLA 2023 di Belanda Terpikat dengan Udeng Bontang dan Syal Khas Kaltim

SAMARINDA – Udeng Bontang, penutup kepala khas Kota Bontang yang terbuat dari kain Batik Kuntul Perak, telah mencuri perhatian peserta pada acara 88th IFLA World Library and Information Congress 2023 yang diselenggarakan di Rotterdam, Belanda. Cendramata ini dibagikan oleh delegasi Kalimantan Timur (Kaltim) yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Hadi Mulyadi.

Meskipun jumlah cendramata yang dibagikan terbatas, namun respons positif diterima dari peserta kongres yang berasal dari berbagai negara. “Bagus sekali, terima kasih,” ujar salah satu peserta dari Korea Selatan.

Tidak hanya Udeng Bontang, delegasi Kaltim juga membagikan syal khas dan kain batik. “Kami sengaja membawa oleh-oleh dengan motif batik Kaltim agar Kaltim semakin dikenal di kancah internasional. Udeng yang kami bagikan juga dilengkapi dengan filosofinya,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, M. Syafranuddin.

Wagub Hadi Mulyadi mengungkapkan kebanggaannya bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim telah mempersiapkan oleh-oleh khas untuk peserta IFLA. Menurutnya, dengan membagikan Batik Kaltim, Dinas telah mendukung program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dari Perpusnas.

BACA JUGA :  PKS Kaltim Tegaskan Edy Mulyadi Bukan Kader PKS

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmad Reza Fahlevi, yang turut serta dalam kongres tersebut, menambahkan bahwa kehadiran Batik Kaltim di acara internasional semacam ini meningkatkan popularitas Kaltim di mata dunia. “Saya bangga dan senang, hanya Kaltim yang membagikan cendramata di tengah ribuan peserta kongres ini,” kata Reza. (MK)

Sumber: Humas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim.
Editor: Agus Susanto

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img