spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Personel Satpol-PP PPU Turut Lakukan Pengamanan Kunjungan VVIP Presiden ke IKN

PPU – Satpol-PP Penajam Paser Utara (PPU) turut mengirimkan personelnya dalam pengamanan agenda kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Berjaga di beberapa titik, personel Satpol-PP PPU mampu mengondusifkan antusiasme masyarakat yang ingin melihat kedatangan orang nomor satu di negeri ini di Sepaku.

Plt Kepala Satpol-PP PPU, Arifin menjelaskan giat ini dilakukan sesuai arahan kepala daerah untuk menjaga situasi ketentraman dan ketertiban umum sepanjang kunjungan presiden ke Sepaku. Pengamanan ini dilakukan mulai Selasa (21/2/2023) hingga Kamis (23/2/2023).

“Kami telah menlakukan koordinasi lintas sektor, dan melakukan dukungan pengamanan ketentraman dan ketertiban umum dan melakukan aksi pendukungan kegiatan pengamanan yang dilakukan TNI/Polri,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan giat pengamanan di Sepaku terdiri dari Tim URC Satpol-PP PPU Regu V yang berisikan 18 personel. Menggunakan truk dalmas tim mulai bergerak sekira pukul 2.00 Wita dini hari.

“Pukul 6.30 sampai 8.25 Wita, Tim Regu V bersama tim Satpol-PP Sepaku bergerak menuju Lapangan Taruna Sepaku 1 untuk melaksanakan apel gabungan bersama dengan tim gabungan pengamanan,” jelas Kabid Trantibum, Abdul Gapur.

BACA JUGA :  Personel Satpol PP Pengaman Seluruh Rangkaian HKN K-59 di PPU

Tim gabungan ini terdiri dari pasukan Brimob, TNI Awang Long, TNI Arhanud, TNI Armed, Sabhara Polda Kaltim, Sabhara Polres PPU, Satlantas Polres PPU, Satlantas Polres Kukar dan Dishub PPU. Pelaksanaan apel di pimpin oleh Letkol Inf Putut Januarto  Danyonif 611/Awl dan Lettu Inf Oktavian Tunjung Pasiops 611/Awl.

“Kemudian sekitar pukul 9.10 Wita Tim Regu V dan Satpol-PP bergerak menuju lokasi pengamanan yang berada di seputaran Masjid Jami Al-Amin Sepaku 2, serta di jalan area Pasar Sukaraja Sepaku 2,” ujarnya.

Pengamanan terus dilakukan mulai pukul 10.00 hingga 12.30 Wita. Di sana tim melakukan pengawasan dan antisipasi kegiatan masyarakat yang dapat menimbulkan ketidakamanan.

“Pada pukul 13.25 Wita mengamankan diperketat seteah muncul beberapa masyarakat yang terlihat antusias melihat Presiden Jokowi. Namun keadaan aman dan terkendali,” terang Gapur.

Rombongan VVIP beserta Presiden Joko Widodo baru melintas di depan Pasar Sukaraja dan Masjid Jami Al-Amin sekira pukul 13.30 Wita. Benar saja, beberapa masyarakat terlihat meneriaki dan melambaikan tangan kepada Presiden Jokowi.

BACA JUGA :  Personel Satpol PP PPU Turun Tangan Bantu Penanganan Kebakaran di Penajam

“Saat Presiden melemparkan baju keluar dari jendela mobil, beberapa masyarakat membuat kerumunan di sejumlah pos. Namun berhasil di atasi oleh tim pengamanan dan tetap kondusif,” tegasnya.

Pengamanan terus dilakukan hingga instruksi selanjutnya untuk membubarkan pasukan sekira pukul 17.00 Wita tanda pengamanan kunjungan Presiden RI telah selesai.

“Semuanya berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Kami telah melaksanakan tugas pengamanan dalam rangka kunjungan presiden RI di wilayah IKN Kecamatan Sepaku,” pungkasnya. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img