spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Persaingan Ketat Berebut 5 Kursi KPU Kaltim, 10 Calon Akan Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan

SAMARINDA – Persaingan ketat terjadi dalam proses seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim periode 2024-2029. Sebanyak 10 calon berkompeten saat ini tengah bersaing memperbutkan 5 kursi komisioner KPU Kaltim setelah berhasil melewati tahapan tes kesehatan dan wawancara. Para calon saat ini masih menunggu jadwal tahap uji kepatutan dan kelayakan yang akan digelar KPU RI.

Proses seleksi ini telah dimulai sejak akhir Oktober 2023 dan melibatkan sejumlah peserta yang berkompeten. Dari puluhan peserta di awal, 20 peserta berhasil lolos dan mengikuti tahap tes kesehatan serta wawancara.

Lebih lanjut, dari tahapan terakhir seleksi, tim seleksi yang bertugas telah menetapkan 10 nama calon yang akan melanjutkan ke tahap uji kepatutan dan kelayakan, yang biasa dikenal dengan istilah fit and proper test, yang akan digelar oleh KPU RI.

Komisioner KPU Kaltim periode sebelumnya saat ini masih menjalankan tugasnya dan akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Februari 2024. mendatang.

Berikut adalah nama-nama calon anggota KPU Kaltim yang berhasil lolos seleksi wawancara dan kesehatan yang dirilis Tim Seleksi (Timsel) yang ditandatangani Ketua Timsel Fresly Hutahaean, SH, LLM dan Sekretaris Sabiruddin, M.A

  1. Abdul Qayyim Rasyid (Ketua KPU Paser)
  2. Asmadi A
  3. Fahmi Idris (Anggota KPU Kaltim)
  4. Feri Mei Efendi (Anggota KPU Penajam)
  5. Firman Hidayat (Ketua KPU Samarinda)
  6. Iffa Rosita (Anggota KPU Kaltim)
  7. Irfan Jamil
  8. Ramaon Dearnov Saragih (Ketua Komisi Informasi Kaltim)
  9. Suardi (Anggota KPU Kaltim)
  10. Ulfa Jamilatul Farida (Ketua KPU Kutim)
BACA JUGA :  Ambil Langkah Cepat, Golkar Kaltim Siapkan PAW Makmur HAPK

Dari nama-nama yang lolos seleksi, sebagian besar merupakan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman sebagai penyelenggara pemilu. Bahkan, saat ini masih menjabat, baik di KPU Kaltim maupun di KPU Kabupaten Kota se-Kaltim.

Sebelumnya, pada 7-8 November 2023, tim seleksi telah mengadakan tes wawancara di Hotel Novotel Balikpapan, diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 14 pria dan 6 wanita.

Pada tanggal 4-5 November 2023, tes kesehatan fisik dan jiwa juga telah dilaksanakan oleh Tim Seleksi bekerja sama dengan Rumah Sakit TNI AD Tingkat II dr. R. Hardjanto Balikpapan, dengan partisipasi dari 20 peserta calon anggota KPU Kaltim.

Proses seleksi ini merupakan langkah awal dalam memilih para penyelenggara pemilihan yang akan bertanggung jawab dalam memastikan pemilu yang adil dan berkualitas di Kaltim dalam periode mendatang. (MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img