spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Permudah Layanan Kepegawaian Pemkot Bontang, BKPSDM Kirim Pegawai Belajar Docudigital ke Banjarmasin

BONTANG – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang mengirim personelnya untuk mendalami aplikasi documen digital (Docudigital) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VIII Banjarmasin.

Hasilnya diketahui, DocuDigital adalah aplikasi pendukung Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) BKN, yang berfungsi sebagai media untuk mengunggah dokumen digital dalam proses pengusulan layanan kepegawaian seperti kenaikan pangkat dan pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sehingga proses pengiriman dokumen dilakukan lebih cepat dan efisien,” kata Kepala BKPSDM Kota Bontang Drs. Sudi Priyanto, Selasa (20/10/2020). Kelebihan lain aplikasi DocuDigital, lanjut Sudi, adalah dokumen usulan Kenaikan Pangkat sudah terdigitalisasi, sehingga mengurangi kemungkinan hilang atau terselip.

User instansi tidak harus melakukan input ulang usul kenaikan pangkat, cukup dengan melakukan sinkronisasi dengan SAPK BKN. Diketahui pula, alur aplikasi DocuDigital sama dengan alur SAPK BKN sehingga mudah dipahami oleh user instansi.

Kelebihan lain dari Docudigital, tambah Sudi, proses penyelesaian berkas dapat diakses dan dimonitoring secara up to date pada monitoring usulan. Selain itu dapat memberikan informasi langsung kepada user instansi melalui notifikasi aplikasi Whatsapp.

BACA JUGA :  APBD Kaltim 2022 Dikebut, Bila Molor Kena Sanksi Gaji Tak Dibayar

Untuk metode penggunaannya, tambah dia, instansi terlebih dahulu menyelesaikan proses pengusulan kenaikan pangkat pada SAPK BKN hingga selesai dan mengirim data usulan kepada BKN. Kemudian pada H+1 setelah proses pengusulan kenaikan pangkat, user instansi dapat melakukan sinkronisasi usulan kenaikan pangkat dengan DocuDigital dari data SAPK. Setelah itu melakukan unggah dokumen digital yang dibutuhkan sesuai syarat pengusulan kenaikan pangkat pada DocuDigital.

Untuk memudahkan proses pembelajaran penggunaan aplikasi, menurut Sudi, BKN telah menerbitkan buku panduan Docudigital dan sekaligus senantiasa membuka akses komunikasi bila terdapat kendala dalam pelaksanaannya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img