spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringati Hari Disabilitas Internasional, 151 Peserta Ramaikan Lomba di SLB Negeri Bontang

BONTANG – Hari Disabilitas Internasional (HID) diperingati pada tanggal 12 Desember. Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bontang sejak Senin (18/12/23) kemarin telah mengadakan perlombaan untuk anak disabilitas.

Ketua Panitia, Nur Aspuri Awaliah mengatakan Peserta perlombaan diikuti oleh murid-murid SLB di Kota Bontang. Dengan merayakan hari besar untuk anak luar biasa, pihaknya telah menyiapkan wadah untuk mereka berkreasi, menumbuhkan rasa percaya diri, dan menumbuhlan rasa mandiri untuk diri mereka masing-masing.

Adapun jenis lomba yakni lomba fashion show, lomba menyanyi, dan mewarnai, dengan total peserta sebanyak 151 orang dari 6 SLB di Kota Bontang.

Ia juga berterima kasih kepada para peserta yang memiliki keterbatasan tersebut untuk melawan dirinya untuk mengeluarkan bakat dan minat.

Kepala sekolah SLB Negeri Bontang, Imas Nurfatonah mengatakan berterima kasih kepada Dinas Pendidikan karena telah melakukan rehabilitasi Aula tempat acara tersebut dilaksanakan. “Sudah semestinya kita sebagai pemerintah dan orang tua menjadi fasilitator untuk anak-anak disabilitas menunjukkan kemampuan mereka,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada anak didiknya yang sudah mau berusaha berlatih selama kurang lebih sebulan untuk berlomba serta melakukan pertunjukan.

Kegiatan ini juga kedatangan oleh Muhammad Syafi’i, Pengawas Pendidikan Khusus Disdikbud Kaltim. Ia mengatakan bahwa SLB Negeri Bontang telah menerima banyak fasilitas seperti pelatihan untuk guru-guru serta sarana dan prasarana.  “Tentu kita mau SDM di SLB ini makin baik, oleh sebab itu pelatihan banyak kita kasih tahun ini,” ungkapnya.

Kemudian, SLB juga tetap diwajibkan untuk memiliki ekstrakurikuler pramuka, oleh sebab itu pihaknya telah memberikan tenda untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut. “Saya berharap seluruh fasilitas yang telah dinas pendidikan berikan dapat bermanfaat dengan baik, ini bentuk kepedulian kami untuk perkembangan anak-anak istimewa kita,” tambahnya.

Harapannya yakni dengan berlangsung acara ini, tahun depan akan lebih banyak bakat yang bisa digali dari para disabilitas dan bisa menjadi ajang tahunan yang makin  meriah.

Penulis: Syakurah
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img