Sabtu, November 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringatan Hari CTPS Sedunia, Rusmadi Ajak Warga Rajin Cuci Tangan

SAMARINDA- Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia 2021 digelar di SDN 008 Samarinda Kota, Jl Awang Long No 02, Samarinda Kota, Jumat (15/10/2021).

Kegiatan  dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS).

CTPS berlangsung di halaman SDN 008, dihadiri Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda Asli Nuryadin, Bunda PAUD Kota Samarinda Rinda Wahyuni, Koordinator Sekretariat TP UKS/M Kota Samarinda, Camat serta Lurah Samarinda, serta Kepala Sekolah SDN 008 Kota Samarinda, Sunarti.

Rusmadi Wongso mengatakan, mencuci tangan adalah kegiatan yang keren dan harus menjadi gaya hidup semua orang, demi menjaga kesehatan.

Mantan Sekprov Kaltim ini juga mengatakan, CTPS nantinya akan berdampak bagi lingkungan sekitar seperti konsentrasi PBB  (Persatuan Bangsa Bangsa)  saat ini.

“Ya tentunya ini bukan hanya  sekadar lomba semata tapi kita melaksanakan amanah PBB, terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Selain itu cuci tangan haruslah menjadi gaya hidup kita, karena cuci tangan itu keren,” katanya.

Rusmadi menambahkan, gerakan mencuci tangan adalah salah satu upaya mencegah penyakit termasuk mengurangi risiko diare dengan hitungan 31% serta menurunkan penyakit infeksi saluran pernapasan (ISPA) 21%.

Selain itu, kegiatan ini bisa diikuti semua orang di Kota Tepian mengingat Samarinda adalah kota bisnis, jasa, dan perdagangan sehingga mampu menggerakkan ekonomi.

“Dengan posisi kita sebagai kota bisnis dan jasa perdagangan, kita harus tetap menjaga kebersihan serta mewujudkan kota yang hijau dan asri guna menggerakkan ekonomi kita,” tutupnya.

Di penghujung acara, dipilih sekolah sehat Kota Samarinda, yakni untuk TK didapat TK Ar- Rajwa Kecamatan Samarinda Seberang sebagai juara 1, TK Cahaya Islam Kecamatan Sambutan sebagai juara 2 dan juara 3 oleh TK ABA 1 Kecamatan Samarinda Ulu.

Untuk tingkat SD, juara 1 diraih  SDN 008 Samarinda Kota, juara 2 oleh SDN 002 Samarinda Ilir serta SDN 009 Samarinda Ulu sebagai juara 3. Tingkat SMP sendiri diraih oleh SMPN 21 Kecamatan Samarinda Ilir sebagai juara 1, SMP Fastabiqul Khairat Kecamatan Samarinda Ulu sebagai juara 2 dan juara 3 diduduki oleh SMPN 2 Kecamatan Samarinda Kota.

Sementara untuk tingkat SMA, peringkat 1 diduduki MAN 1 Kecamatan Samarinda Ulu, juara 2 oleh SMKN 7 Samarinda Kota dan juara 3 SMKN- SPP Samarinda Utara.

CTPS mengusung tema “Masa Depan Kita, Di Tangan Kita, Mari Beraksi Bersama Untuk Membuat CPTS Nyata Bagi Semua”.(fri)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengendarai Motor, Pria Misterius Ceburkan Diri ke Sungai Mahakam

0
SAMARINDA - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya nekat bersama sepeda motornya menceburkan diri ke Sungai Mahakam, di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan...

Pengendara Tewas di Jalan Rusak Bonles, Nursalam: Keluarga Korban Bisa Menuntut

0
BONTANG – Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Bontang Lestari pada Kamis (25/11/2021) malam, mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Termasuk kalangan pengusaha...