spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peran Pelajar dan Mahasiswa Bantu Promosi Pariwisata di Paser

PASER – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser membidik kaum pelajar dan mahasiswa sebagai kelompok yang melek teknologi dan informasi untuk mempromosikan objek wisata.

Target itu dilakukan, pasca Disporapar Kabupaten Paser menggelar pelatihan fotografi dan desain grafis yang belum lama ini digelar kepada anak muda di Kabupaten Paser. Hal itu merupakan bagian dari solusi agar promosi pariwisata di Kabupaten Paser tersiar luas.

Kepala Disporapar Kabupaten Paser, Muhsin Palinrungi mengatakan, bahwa pemerintah mencoba memfasilitasi pelajar dan mahasiswa dengan menggelar peningkatan kapasitas desain grafis.

“Fotografi salah satu sub sektor ekonomi kreatif, oleh karena itu kita laksanakan pelatihan peningkatan kapasitas para pemuda yang dalam hal ini dari kalangan pelajar dan mahasiswa,” kata Muhsin.

Program tersebut baru pertama kali dijalankan, dikuti 28 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Bermodalkan dari wawasan yang dimiliki, peserta kemudian mempresentasikan desain objek pariwisata yang ada di Kabupaten Paser.

Tujuan ini bersifat membantu pemerintah daerah dalam mengekspresikan atau mempromosikan sektor wisata melalui media sosial.

“Mereka juga diarahkan untuk mempromosikan melalui masing-masing akun yang dimiliki, kemudian tindak lanjutnya bakal dibentuk komunitas, sebagai media diskusi antar anggota yang menjadi wadah untuk menambah pengetahuan dan ajang promosi,” ujarnya.

Tindaklanjutnya, setelah pelatihan yang dilangsungkan selama dua hari itu, ada dua peserta terbaik yang ditunjuk untuk mempresentasikan desain grafis di Kota Bandung.

“Kami berkerjasama dengan Exotic Kaltim sebagai narasumber, tindak lanjutnya nanti memilih 4 peserta terbaik untuk dibawa ke bandung untuk melihat bagaimana mereka mempromosikan kawasan wisata dengan menggunakan media sosial,” pungkasnya.

Sekedar informasi, terdapat 11 Wisata unggulan di Kabuaten Paser, diantaranya museum sadurengas, doyam turu, tahura lati petangis, kemilau laut pondong, doyam seriam, danum layong, goa losan, liang mangku langit, goa tengkorak, goa loyang, gunung embun. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img