spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penutupan MTQ ke-44 Kaltim, Wagub Harapkan Syiar Islam Terus Bergema di Bumi Etam

BALIKPAPAN – Tabuhan bedug menandai ditutupnya rangkaian perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, memimpin langsung seremoni penutupan festival agama Islam yang telah berlangsung selama sepekan penuh, mulai dari tanggal 14 hingga 21 Mei 2023.

Dalam sambutannya, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kaltim ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kota Balikpapan selaku tuan rumah kegiatan. Ia memuji jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) yang mengerahkan seluruh fasilitas yang dimiliki untuk menyukseskan gelaran MTQ tingkat provinsi.

“Saya mendengar laporan langsung dari Wali Kota Balikpapan, bahwa untuk MTQ ini sebanyak 479 angkot digratiskan untuk para kafilah. Seluruh venue acara sejak hari pertama hingga penutupan juga dipenuhi ratusan warga yang menyaksikan. Perhatian Kota Balikpapan ini, luar biasa!” puji Hadi saat memberikan sambutan dalam Malam Penutupan MTQ ke-44 Provinsi Kaltim, di Halaman BSCC Dome, Minggu (21/5/2023).

Meski gelaran MTQ telah berakhir, Hadi berharap semangat syiar Islam tetap terus bergema di Bumi Etam. Rasa keimanan, ketakwaan, serta cinta Al-Qur’an harus terus tertanam di dalam jiwa setiap umat. Nilai-nilai dalam Al-Qur’an juga harus diamalkan dan menjadi pedoman hidup bagi umat Muslim.

BACA JUGA :  Wagub Mulai Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

“Saya bahagia dan bersyukur kita telah menyelesaikan rangkaian MTQ ke-44. Semoga setelah ini, kita dapat lebih meningkatkan keimanan dan mewujudkan Kaltim sebagai Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur, negeri yang baik dan Tuhan Yang Maha Pengampun,” terang Hadi.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga mengumumkan bahwa tahun depan, Kaltim akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-30. Tempat penyelenggaraannya akan tersebar di wilayah Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan IKN.

“Ini adalah instruksi presiden langsung, agar MTQ Nasional digelar di Kaltim dalam rangka mendukung IKN,” tandasnya.

Seremoni penutupan MTQ ke-44 Kaltim ditutup dengan pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, diiringi dengan pukulan rebana dari para kepala daerah kabupaten/kota.

Tampak hadir dalam Malam Penutupan MTQ, Ketua DPRD Kaltim Hasanudin Mas’ud dan unsur Forkopimda Provinsi turut hadir. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Bupati Kukar Edi Damansyah, Kakanwil Kemenag Kaltim Abdul Khaliq, Ketua LPTQ kabupaten/kota, serta para ulama dan tokoh agama juga ikut hadir dalam Malam Penutupan MTQ tersebut. (KRV/pt/diskominfokaltim)

BACA JUGA :  Diresmikan, Masjid Terapung Darul Irsyad Gelar Salat Jumat Perdana, Ada Bangunan Gerbang Rasul hingga Plaza
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img