spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengurus LPAI Kutim Dilantik, Asti: Jangan Manfaatkan Organisasi Untuk Kepentingan Pribadi

SANGATTA– Pengurus Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kutai Timur (Kutim) yang dinakhodai Asti Mazar Bulang resmi dilantik untuk masa bakti 2022-2027.  Pelantikan berlangsung di Ruang Meranti, Pemkab Kutim, Senin (27/2/2023).

Kegiatan pelantikan LPAI Kutim turut di hadiri Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, serta beberapa anggota DPRD Kutim.

Dalam sambutannya Asti Mazar Bulang mengatakan LPAI Kutim hadir sebagai lembaga independen yang secara aktif melaksanakan kegiatan dalam hal pemenuhan hak-hak anak.

“Ketika saya diberikan amanah sebagai Ketua LPAI Kutim, saya harus membuka dulu profil dari LPAI itu sendiri, karena saya melihat tugas dan tanggung jawab ini bukan perkara mudah,” ucap Asti Mazar Bulang yang juga sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Kutim.

Menurut Asti Mazar, tugas dan tanggung jawab dibutuhkan kerja keras dan kerjasama semua pihak.

“Diisi oleh pengurus-pengurus yang memiliki semangat juang yang luar biasa, kita jangan ada kepentingan pribadi atau mencari keuntungan pribadi di dalamnya,” ujar Asti Mazar.

BACA JUGA :  Komunitas RDPS Berbagi Makan Gratis Bagi Pekerja Berpenghasilan di Bawah UMR

Asti Mazar mengaku LPAI merupakan organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan, organisasi kemanusiaan, yang harus di isi pengurus yang punya empati luar biasa.

“Saya melihat orang-orang yang mengisi LPAI Kutim saat ini memiliki sumbangsih pemikiran, tenaga dan waktu, bahkan materi juga mereka sumbangkan dalam hal penanganan pendampingan kasus demi kasus yang terjadi di Kutim,” tambahnya.

Asti pun berpesan kepada seluruh pengurus agar dalam berorganisasi tidak memanfaatkan organisasi untuk kepentingan pribadi.

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus, kita jangan berpikir apa yang diberikan organisasi kepada kita, tetapi kita harus berpikir apa yang kita berikan kepada organisasi ini, jangan memanfaatkan organisasi untuk kepentingan pribadi,” sebutnya.

Pembina LPAI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Syahrir Basran menyampaiakan kepada seluruh jajaran pengurus LPAI Kutim yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Foto bersama Ketua LPAI Kutim beserta Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang. (Ramlah/Media Kaltim)

“Mudah-mudahan kedepannya bisa melaksanakan tugas-tugas sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka memenuhi hak-hak perlindungan anak,” ujarnya.

Dirinya juga berharap Pemerintah Kabupaten Kutim dapat memberikan bantuan perhatian kepada LPAI Kutim  sesuai kemampuan daerah.

BACA JUGA :  Pakan Mahal, Harga Telur Meroket

“Dengan adanya feedback pemerintah daerah dapat lebih mendukung LPAI Kutim dalam melakukan tugas-tugas organisasinya sekaligus melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaannya dalam mewujudkan Kabupaten Kutai Timur sebagai kabupaten layak anak,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang dalam sambutannya mengaku sangat bangga ada satu lembaga dengan tujuan dan fungsi utamanya melakukan pembinaan anak.

“Karena organisasi ini bukan organisasi yang main-main, namun ini adalah organisasi kemasyarakatan, sosial dan kemanusiaan yang diisi oleh pengurus yang benar-benar memiliki empati yang luar biasa,” sebutnya.

Orang nomor dua Kutim itu pun berharap dengan adanya lembaga perlindungan untuk anak kedepannya tak ada lagi kasus kekerasan baik kekerasan fisik maupun kekerasan seksual.

“Ini yang perlu disosialisasikan kedepannya agar semua menjadi benteng pertahanan untuk anak-anak, kita tidak ingin ada kejadian-kejadian seperti yang sudah-sudah ada beberapa kasus kekerasan anak. Saya berharap nantinya tak ada lagi terlihat anjal (anak jalanan) itu semua perlu pembinaan dan pendampingan,” tutup Kasmidi. (ref)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img