spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengawas TPS Bontang Utara Dilantik, Diminta Jalankan Tugas Secara Maksimal

BONTANG – Sebanyak 242 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Bontang Utara dilantik Senin (22/1/2024) di Auditorium 3 Dimensi.

PTPS akan bertugas selama satu bulan hingga pemungutan suara selesai. Sebelumnya, calon PTPS membacakan pakta integritas dan pembacaan surat keputusan pelantikan.

Ketua Panwascam Bontang Utara, Muhammad Nur Kholis mengatakan pada saat rekrutmen mengalami kekurangan pendaftar namun tetap dapat terpenuhi dengan penambahan waktu pendaftaran. Setiap pengawas TPS telah terpenuhi di setiap masing-masing wilayah. Ia pun menekankan kepada setiap PTPS untuk tetap netral dan bebas dan tidak berpihak.

“Tanggung jawab penuh. Kita meminta netralitas dan tidak berpihak. Kita melakukan tracing dari berbagai model administrasi hingga melihat media sosial,” kata Kholis saat pelantikan PTPS.

Sementara Komisioner Bawaslu Bontang, Syahriah mengatakan setelah pelantikan ini, anggota PTPS akan menjalankan tugas dengan terlebih dahulu mengikuti Bimtek dari Panwascam Bontang Utara. Karena tugas yang akan dijalankan pengawasan TPS di lingkungan RT masing-masing.

“Pengawas TPS merupakan perpanjangan tangan dari Bawaslu Kota Bontang. Ketika mengalami bantuan dalam pengawasan, maka akan meminta bantuan ke tingkat atas,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kantor Pos Bontang Salurkan Bantuan 5.414 Penerima BLT

Selanjutnya, Syahriah mengatakan PTPS juga dalam bertugas akan memetakan kerawanan dalam lingkup wilayah masing-masing RT. Ia menyatakan kesuksesan Pemilu bertanggung pada kesuksesan PTPS saat bertugas karena merupakan bagian terdepan dalam pengawasan di tempat pemungutan suara.

“Ketika kesuksesan Pemilu tergantung dari tugas PTPS. Permasalahan-permasalahan pada hari pemungutan suara dapat terjadi seperti pencurian surat suara pada hari H pemungutan suara bisa terjadi, sehingga PTPS akan sering dihubungi ketika bertugas di lapangan,” ungkapnya.

 

Penulis: Yahya Yabo

Editor: Nicha Ratnasari

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img