spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penerapan IKM Belajar Guru PAI, Najirah Ingin Kesiapan Guru dan Sekolah

BONTANG – Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam melaksanakan pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (IKM) sebagai bagian dari tambahan pemahaman mengetahui kurikulum merdeka belajar. Kegiatan digelar 6-8 Februari 2023, bertempat di Auditorium 3 Dimensi.

Ketua pelaksana KKG PAI, Sajarudin mengatakan pelatihan selama 3 hari ini diikuti guru-guru PAI SD se-Kota Bontang. Pelatihan implementasi ini sebagai bagian dari penerapan kurikulum merdeka belajar di sekolah-sekolah khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam.

“Beberapa pihak telah membantu dalam pelaksanaan pelatihan, yang juga di support dari Pemkot Bontang. Waktu pelaksanaan yang sempat ditunda dan bisa terlaksana tahun ini,” kata Sajarudin.

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah mengatakan sebagai studi pembelajaran, di Indonesia masih sering mengalami krisis pembelajaran. Beberapa faktor menjadi penyebab kesenjangan pembelajaran. Salah satunya pandemi Covid-19 yang telah memperpanjang kesenjangan pembelajaran.

“Banyak anak-anak yang mengalami ketertinggalan pembelajaran, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi dasar sebagai peserta didik untuk pemulihan pembelajaran kurikulum merdeka belajar,” jelas Najirah, Senin (6/7/2023).

BACA JUGA :  Seorang Warga Tanjung Laut Diamankan Polisi Terkait Sabu

Selanjutnya, Najirah mengatakan inti dari implementasi kurikulum merdeka belajar yakni memberikan kepada siswa-siswi kemerdekaan dalam memilih minat dan bakat dalam belajar.

“Hal ini dimaksudkan untuk mendalami minat dan bakat siswa dari masing-masing siswa. Tolak ukur dalam penilaian siswa pasti akan berbeda-beda,” katanya.

Penerapan kurikulum merdeka belajar terbuka bagi satuan pendidikan dari tingkat PAUD, SD, SMP dan SMA sederajat. “Selain itu, satuan pendidikan menentukan pilihan kesiapan implementasi sesuai dengan angket kesiapan implementasi kurikulum merdeka belajar bagi guru dan sekolah,” terang Najirah. (yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img