spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pendidik TK Salsabila Borong Juara Media Pembelajaran Nasional

Catatan : Muthi’ Masfu’ah, AMd, CN NLp

Suatu kebahagiaan tersendiri apabila seorang guru dapat memberikan kontribusi pemikiran juga ide kepada dunia pendidikan. Memenangkan lomba media pembelajaran kreatif dan inovasi adalah salah satu  harapan agar apa yang diberikan dapat bermanfaat untuk para pendidik dan peserta didik.

Mengenai juara lomba nasional yang diadakan oleh Universitas Terbuka Jakarta yang diikuti 200lebih peserta latar belakang FKIP se-Indonesia, berhasil meraih  juara 1 nasional lomba Go Green for Learning dengan judul Literacy Creative Smart Basket Ball oleh Muthi’ Masfu’ah Kepala Sekolah TK Islam Kreatif Salsabila dengan memanfaatkan semua barang bekas menjadi media pembelajaran menarik, juara 2 lomba  media pembelajaran edu games dengan judul Estafet Bola Ceria oleh Pembina Yayasan Rumah Kreatif Salsabila Maruf Effendy AMd dan juara 1 media pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan judul Gobak Sodor Kreatif  oleh Dyah Qonita Puspitaning Dini.

Tujuan lomba diadakan menurut panitia penyelenggara  adalah guru dituntut memiliki pengetahuan akademik serta keterampilan berpikir, manajemen, dan komunikasi yang handal. Kekurangan salah satu dari keempat pengetahuan dan atau keterampilan tersebut menyebabkan berkurangnya mutu dalam proses pembelajaran. Di samping itu, Guru diharapkan mampu bersinergi yang akan tercermin dari kemampuannya dalam menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi dengan cepat dan tepat. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, Guru harus dibiasakan untuk berpikir dan berperilaku kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan).

Saya sendiri telah mengikuti tiga kali khusus lomba inovasi pembelajaran nasional  dan alhamdulillah berhasil meraih juara 1 tiap tahun yakni tahun 2021 pada lomba modifikasi permainan tradional untuk pembelajaran tahun

2022 pada lomba media pembelajaran kreatif inovasi dan tahun ini 2023 pada lomba Go Green for Learning. Selain itu lomba lainnya adalah juara 3 lomba media pembelajaran kreatif digital di Universitas Mataram pada tahun  2022.

Semoga apa yang telah dihasilkan dapat memberikan manfaat, ide kreatif dan menambah wawasan untuk pada guru di Bontang juga di Kaltim agar terus berinovasi untuk mencerahkan dunia pendidikan saat ini. (rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img