spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pendaftaran Bea Siswa Pemkab PPU Telah Dibuka

PPU – Tahun in Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) mengalokasikan dana sebesar Rp 1,3 miliar untuk program beasiswa 2023. Pendaftaran telah dibuka dan akan berakhir hingga akhir Mei ini.

Jumlah anggaran itu turun sejatnya turun dari yang diusulkan, yakni sebesar Rp 3,2 miliar. Namun dipastikan hal itu tidak memengaruhi berjalannya program yang telah berjalan sejak beberapa tahun lalu ini.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab PPU Nurbayah mengatakan, setidaknya ada 160 kuota beasiswa yang disediakan pemerintah daerah. Terdiri dari 50 orang untuk mahasiswa D3 dan 100 orang untuk mahasiswa S1, kategori beasiswa program reguler, dan 60 orang untuk kategori beasiswa program unggulan.

“Program beasiswa tahun ini diberikan untuk dua kategori, yakni beasiswa reguler dan beasiswa program unggulan,” ucap dia, Senin (22/5/2023).

Sasaran penerima beasiswa tahun ini, mulai dari mahasiswa D3 dan S1. Kemudian beasiswa seribu sarjana desa dan kelurahan, beasiswa semester akhir, dan beasiswa Tahfidz dan Hafidz Qur’an.

Masing-masing akan mendapatkan Rp 2 hingga Rp 3 juta setiap semester untuk beasiswa program reguler. Lalu Rp 6 hingga Rp 9,5 juta akan diberikan kepada penerima beasiswa kategori program unggulan.

Adapun tahapan penerimaan berkas pendaftaran program beasiswa reguler, dibuka sejak 10 hingga 31 Mei 2023. “Program unggulan itu seperti jurusan ilmu Al Qur’an, hadist, ilmu agama dan lainnya. Sudah buka untuk beasiswa program regulermulai 10 Mei sampai akhir Mei ini,” sebut Nurbayah.

BACA JUGA :  Daging Ayam di PPU Langka, Harganya Ikut Naik

Tahapan selanjutnya ialah proses seleksi berkas akan dilakukan pada 1 hingga 9 Juni 2023. Dilanjutkan dengan pengumuman penerima serta pemberian SK Bupati dilakukan pada 3 Juli 2023.

Sementara untuk beasiswa program unggulan, penerimaan berkas akan dilakukan sejak 3 hingga 31 Juli 2023. Untuk seleksi berkasnya akan dilakukan pada 1 hingga 10 Agustus 2023, kemudian pengumuman seleksi akan dilakukan pada 31 Agustus 2023.

Nurbayah menjelaskan bahwa persyaratan untuk mendaftar program beasiswa Pemkab PPU selain merupakan warga PPU juga ada beberapa poin tambahan. Untuk mahasiswa D3 dan S1, merupakan mahasiswa aktif minimal semester III tahun ajaran 2022/2023, serta memiliki IP 3,00 hingga 3,25.

Untuk beasiswa seribu sarjana, persyaratan yang harus dipenuhi yakni, terlebih dahulu pendaftar membuat surat permohonan kepada Bupati PPU Cq. Kabag Kesra. Pendaftar juga harus terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial (Dissos) PPU.

Untuk beasiswa tahfidz dan hafidz Qur’an, pendaftar menghafal setidaknya 5 juz untuk tahfidz dan 30 juz untuk hafidz, dibuktikan dengan surat keterangan dari pesantren atau lembaga pendidikan program penghafal Al Qur’an yang terakreditasi.

BACA JUGA :  BLK Komunitas Gelar Pelatihan UMKM Unggul

“Untuk persyaratan untuk pendaftar beasiswa tugas akhir, persyaratannya hampir serupa. Sebelumya pendaftar harus melengkapi dokumen dengan surat penyataan bukan pegawai pemerintah, dan bukan penerima program beasiswa dari pihak lain,”ungkap Nurbayah.

Yang perlu diperhatikan, tegas dia, bahwa sebelum membawa dokumen pendaftaran yang dibutuhkan. Para pendaftar terlebih dahulu melakukan pendaftaran online di website www.beasiswa.penajamkab.go.id.

“Di website itu nantinya mengisi dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan,” pungkas dia. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img