spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pendaftar BPJS Gratis Didominasi Korban PHK

BONTANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang belum lama ini membuka pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan kelas III secara gratis untuk masyarakat. Sasaran program ini adalah mereka yang belum terdaftar atau pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Aswan, verifikator pelayanan BPJS Kesehatan di Dinkes Bontang mengatakan, sejak dua pekan terakhir, jumlah masyarakat yang mendaftar meningkat. Kategori pendaftar, kata dia, didominasi pekerja korban PHK akibat  pandemi Covid-19. Selain itu, terdapat juga pendaftar yang kartu BPJS kesehatannya dinonaktifkan oleh Pemkot Bontang, sehingga harus mengurus kepesertaan baru.

Penyebab kasus seperti ini, sambung Aswan, kemungkinan yang bersangkutan pernah pindah kependudukan lalu kembali lagi ke Bontang. Berikutnya seseorang yang telah tercatat aktif sebagai pekerja yang ditanggung oleh perusahaan tempat dia bekerja, hingga peserta yang beralih ke BPJS mandiri. “Untuk jumlah keseluruhan pendaftar hingga saat ini, kami belum bisa sampaikan karena datanya belum direkap,” ujar Aswan saat dikonfirmasi belum lama ini.

Nantinya, lanjut dia, kartu yang sudah nonaktif tersebut bisa diaktifkan kembali setelah diverifikasi. Adapun peserta yang beralih dari BPJS mandiri, juga tetap bisa diakomodir. Namun harus masuk dalam daftar tunggu terlebih dahulu. “Sebab kami mengutamakan yang tidak memiliki kartu BPJS (kesehatan) dulu,” tandasnya.

Sebagai informasi, untuk layanan pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan kelas III secara gratis ini, masyarakat dapat mengurusnya di lantai II Gedung Public Service Center (PSC), Jalan Ahmad Yani, atau tepat di samping Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Bontang. Program ini merupakan salah satu terjemahan visi misi Pemkot Bontang di bawah kepemimpinan Basri-Najirah. (bms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img