Selasa, Januari 26, 2021

Penanganan Banjir Rob, Kecamatan Bontang Utara Akan Koordinasikan dengan Tim Kota

BONTANG – Musibah banjir rob atau banjir karena pasang air laut di Kecamatan Bontang Utara setidaknya terjadi di 3 kelurahan, Kelurahan Guntung, Bontang Kuala, dan sebagian kecil wilayah Bontang Baru. Hal ini disampaikan Plt Camat Bontang Utara, Chahyo Hadi Wichakso.

Dia meminta warga tetap waspada terhadap musibah rutin ini. Pasalnya informasi yang dia dapatkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang, beberapa hari kedepan pasang air laut cukup tinggi. “Yang kami khawatirkan jika disusul dengan gelombang tinggi,” tuturnya, Rabu (18/11/2020).

Untuk itu, pihaknya meminta warga untuk mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman jika kondisi tidak memungkinkan. Khusus warga Pulau Gusung, pihak Kelurahan Guntung masih menyiapkan lokasi evakuasi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada komunitas yang turut melakukan penggalangan dana bagi saudara-sudara kita yang terkena musibah banjir rob di Bontang Kuala. Ini membuktian kepedulian sosial warga Bontang masih tinggi,” terangnya.

Terkait solusi jangka panjang, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan tim penanganan banjir tingkat kota. Beberapa hal yang bisa dilakukan Pemkot seperti pembersihan kali, pengerukan sedimen sungai untuk memperlancar aliran air, membangun polder-polder, hingga melakukan normalisasi di Daerah Aliran Sungai (DAS). (bms/adv)

PEMASANGAN IKLAN : 0811-5405-033

BERITA POPULER